LIPI: Hiu Berwajah Manusia Hanya Kelainan Genetik

LIPI: Hiu Berwajah Manusia Hanya Kelainan Genetik

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 24 Feb 2021 19:00 WIB
Jakarta -

Temuan hiu berwajah mirip manusia di Rote Timur, NTT menjadi viral. Ilmuwan mengatakan itu hanya kelainan genetik.

"Itu memang bayi hiu. Jenis hiu yang seperti itu memiliki kelainan genetik," kata Fahmi, peneliti Pusat Penelitian Oceanografi LIPI kepada detikINET, Rabu (24/2/2021).

Fahmi mengatakan, hiu yang lahir cacat tidak akan bertahan hidup lama. Dari beberapa embrio bayi hiu, biasanya ada yang mengalami kelainan genetika.

"Macam-macam, misalnya ada yang tidak punya sirip dll. Bergantung kondisi genetikanya," kata Fahmi.

Menurut Fahmi sebagian hiu bertelur dan sebagian lagi beranak. Untuk jenis yang ditemukan di Rote Timur ini adalah hiu yang beranak dari jenis Black Tip. Indonesia punya 4 spesies Black Tip dari yang kecil di Karimunjawa sampai yang agak besar di tengah lautan Samudera Hindia dan Laut Banda.

"Kalau dilihat dari videonya, itu adalah jenis hiu black tip karena ujung siripnya hitam," kata dia.

Hiu kata Fahmi, sering tertangkap nelayan di Indonesia Timur. Itu sebabnya penemuan hiu aneh beberapa kali terjadi di Indonesia Timur. Sebelumnya, pernah ditemukan hiu bermata satu di Maluku.

"Hiu ini matanya ada di bawah moncong, ini gejala Cyclopia juga tapi matanya masih dua. Kalau yang ditemukan di Maluku itu matanya cuma satu," pungkasnya.

Sebelumnya, video seekor ikan yang bentuk wajahnya mirip manusia viral di media sosial (medsos). Tampak ikan tersebut memiliki panjang tak lebih dari 50 cm. Ikan tersebut terlihat berwarna putih-abu.

Disebutkan ikan tersebut ialah jenis hiu. Hanya, mata hiu tersebut berada pada bagian bawah atau sejajar dengan mulutnya. hiu tersebut ditemukan seorang nelayan di Desa Pepela, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Awalnya nelayan tersebut menemukan hiu yang tersangkut di pukatnya ketika melaut. Di dalam perut hiu tersebut ditemukan tiga ekor anak hiu. Satu di antara hiu tersebut ialah seekor hiu yang bentuk mukanya seperti wajah manusia.

(fay/fyk)