10 Penyakit Aneh Tapi Nyata - Halaman 2

10 Penyakit Aneh Tapi Nyata

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 03 Des 2020 10:08 WIB
Neglected lonely child against the white wall.  Little girl crying in the corner. Violence concept.
10 Penyakit Aneh Tapi Nyata. Foto: iStock

penyakit langkaFoto: Big Think

6. Wabah menari

Dancing mania atau wabah menari, pernah terjadi pada sekitar abad ke-14 hingga ke-17 di Eropa. Wabah ini membuat warga kota Aachen, Jerman berlarian keluar rumah menuju jalan, dan mereka mulai menggeliat dan berputar tak terkendali. Penyakit langka ini membuat mereka terus menari sampai pingsan kelelahan, ada yang beberapa tulang rusuknya patah, sementara yang lain terkena serangan jantung dan meninggal.

penyakit langkaFoto: Facebook

7. Penyakit Morgellons

Orang yang menderita kondisi medis ini mengaku merasakan sensasi seperti merasa ada sesuatu merayap, menggigit, dan menyengat di tubuh mereka, seolah tubuh mereka dipenuhi serangga. Beberapa orang bahkan melaporkan kasus aneh berupa munculnya benang atau serat berwarna gelap muncul dari dalam kulit mereka.

penyakit langkaFoto: Hamdan Medical Journal

8. Fibrodysplasia ossificans progressiva

Penyakit langka ini berupa kelainan genetik yang mengubah jaringan lunak menjadi tulang setelah cedera atau trauma lainnya. Penyakit ini pada akhirnya dapat menyebabkan persendian dan otot menjadi kaku dan menyatu.

penyakit langkaFoto: Research Gate

9. Sindrom Prader-Willi

Sindrom Prader-Willi adalah kondisi genetik kompleks yang memengaruhi banyak bagian tubuh. Sebagian besar individu yang terkena sindrom ini mengalami nafsu makan yang tak pernah terpuaskan di masa kanak-kanaknya. Karena itu, mereka makan berlebihan dan menyebabkan obesitas kronis. Sindrom ini diyakini membuat mereka terus menerus makan sampai mati.

penyakit langkaFoto: ThoughtCo

10. Delusi Capgras

Delusi Capgras adalah suatu kondisi di mana seseorang percaya bahwa individu atau sekelompok orang telah digantikan oleh orang ganda lainnya atau penipu.

Meski berbagai kondisi medis yang telah disebutkan tadi terdengar aneh dan meragukan, penyakit langka ini nyata bagi para pasiennya yang mengidapnya.

(rns/afr)