Tenang... Dentuman Misterius Juga Terjadi di Luar Negeri

Tenang... Dentuman Misterius Juga Terjadi di Luar Negeri

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 21 Sep 2020 10:10 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Dentuman Misterius di Jabar-Sumsel (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Ilustrasi Dentuman Misterius (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta -

Jangan panik dan bingung dengan dentuman misterius semalam. Kita tidak sendirian. Warga dunia juga pernah mendengar suara semacam ini sebelumnya.

Mysterious booming sound, begitu dunia menyebutnya. Kejadian semacam ini bukan hanya terjadi di Indonesia kok. Malahan, dentuman misterius terjadi banyak negara dengan waktu yang berbeda-beda.

Dilansir detikINET dari berbagai sumber, Senin (21/9/2020) BBC misalnya pernah memberitakan pada 2 Desember 2014 bahwa suara dentuman misterius terdengar di Inggris dan sebagian Amerika, sampai ada tagar #omgwereallgoingtodie di Twitter.

Time of India pada 25 Maret 2019 juga memberitakan suara dentuman misterius membuat panik di Kota Ambala, India. Sedangkan One India pada 21 Mei 2020 mengungkapkan dentuman misterius di Bengaluru diakibatkan uji coba terbang jet tempur dengan kecepatan supersonik, menurut Kementerian Pertahanan India.

Kembali ke BBC, mereka juga memberitakan kalau dentuman misterius terjadi di banyak negara dalam 100 tahun terakhir. Bahkan, di beberapa negara ada namanya masing-masing.

BBC mencatat sebutannya di Italia adalah Brontidi atau Bomba, di Bangladesh disebut Meriam Barisal, di Amerika sebutannya banyak, ada Skyquake, Moodus Noises dan Meriam Seneca oleh penduduk North dan South Carolina. Di Jepang disebut Uminari dan di Belanda disebut Mistpoeffers dan masih banyak lagi.

Hmmm, jadi bukan Indonesia saja yang pernah merasakan kejadian ini ya. Lantas apa dugaan penyebabnya? Rupanya para ilmuwan dan pengamat belum punya jawaban yang sama.

Untuk daerah pantai, ilmuwan menduganya dari suara ombak membentur tebing. Ada juga dugaan ledakan metana dari kristal clathrate di dasar laut. Di daerah berpasir, ilmuwan menduganya dari suara gumuk pasir yang amblas.

Ada juga dugaan dari gempa bumi. Selain itu diduga dari sonic boom mesin pesawat jet. Sisanya menduga dari suara meteor jatuh.

Bukan cuma warga Indonesia saja yang bingung. Warga dunia pun belum tahu jawabannya.

Apakah detikers juga mendengar suara dentuman misterius ini? Ayo cerita pengalaman dan opini Anda di kolom komentar.



Simak Video "Sukabumi Diguncang Gempa Berkekuatan M 2,8"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)