Senin, 07 Okt 2019 06:05 WIB

Pemesanan 'Tiket Gratis' ke Mars Ditutup, Berapa Jumlahnya?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Simulasi kehidupan planet Mars. Foto: Reuters Simulasi kehidupan planet Mars. Foto: Reuters
Jakarta - Pemesanan boarding pass alias tiket ke Mars telah ditutup oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Hasilnya ada 10 juta nama yang tercantum dari seluruh dunia, 237 ribu di antaranya berasal dari Indonesia.

Bila dibandingkan dengan negera lainnya, keikutsertaan masyarakat Indonesia dalam mengikuti program NASA untuk mengirimkan nama mereka ini terbilang cukup tinggi. Sejak program ini dibuka pada 21 Mei lalu, jumlah yang mengirimkan nama dari Indonesia terus meningkat.

Pemesanan 'Tiket Gratis' ke Mars Ditutup, Berapa Jumlahnya?Foto: Screenshot situs


Dalam catatan akhir, Indonesia bercokol di urutan ke-7 sebagai negara penyumbang nama terbanyak. Posisi puncak masih ditempati oleh Turki (2,5 juta nama), India (1,77 juta nama), Amerika Serikat (1,73 juta nama), China (292 ribu nama), Iran (287 ribu nama), dan Britania Raya (284 ribu nama).

Nama-nama yang terkumpul ini akan diterbangkan ke Mars menggunakan robot penjelajah Mars 2020. Misi ini akan diluncurkan pada musim panas tahun 2020 dan mendarat di planet Merah pada bulan Februari 2021.


Nantinya nama kalian akan ditulis menggunakan sinar elektron di atas mikrochip. Nama kalian akan ditulis dengan ukuran yang sangat kecil sehingga satu mikrochip mampu menampung satu juta nama.

NASA sepertinya akan membutuhkan lebih dari satu mikrochip untuk memenuhi permintaan yang membludak. Untuk misi robot InSight yang mendarat di bulan pada bulan November lalu, NASA juga mengadakan program serupa yang berhasil mengumpulkan lebih dari dua juta nama.

Mars 2020 akan mendarat di dalam kawah Jezero yang memiliki lebar sekitar 45 kilometer. Kawah ini dulunya sempat menjadi lokasi delta sungai. Robot penjelajah ini memiliki misi untuk mencari tanda-tanda kehidupan, mencari ciri geologi area tersebut, mencari es air yang terkubur dan berbagai pekerjaan lainnya.




Pemesanan 'Tiket Gratis' ke Mars Ditutup, Berapa Jumlahnya?




Simak Video "Namamu Bisa Diterbangkan ke Mars oleh NASA, Begini Caranya!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/asj)