Jumat, 06 Sep 2019 06:06 WIB

Menelusuri Bukti Kehidupan di Mars dan Planet Selain Bumi

Rachmatunnisa - detikInet
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi planet selain Bumi. Foto: Digitaltrends Ilustrasi planet selain Bumi. Foto: Digitaltrends
Jakarta - Secara ilmiah, dunia sains meyakini adanya kehidupan lain di luar planet Bumi yang kita tinggali saat ini. Karenanya, ada cabang astronomi yang khusus mempelajarinya.

"Namanya bioastronomi, menggabungkan disiplin ilmu biologi dan astronomi, mencari bukti-bukti kehidupan di luar Bumi, mempelajari syarat-syarat kehidupan di luar Bumi, kemudian juga mencari planet-planet yang mempunyai atau memenuhi syarat untuk adanya kehidupan," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, berbincang dengan detikINET.



Profesor riset astronomi asal Purwokerto ini menjelaskan, ada tiga ciri untuk mengetahui adanya kehidupan di luar Bumi. Ciri pertama, harus ada sumber panas di tempat tersebut.

"Biasanya dari bintang. Berarti planet tersebut harus ada pada jarak tertentu dari bintang," ujarnya.

Yang kedua, sumber panas tersebut menyebabkan keberadaan air dalam kondisi cair di planet tersebut dan disebut sebagai habitable zone atau zona layak hidup.



"Biasanya diukur dari jarak bintang, kemudian suhu bintangnya berapa, jaraknya dari bintang berapa, suhunya berapa, kalau suhunya sekitar 0-100 (derajat celcius), kira-kira air di situ dalam kondisi cair. Karena untuk persyaratan kehidupan yang kita kenal itu, air sebagai bagian dari metabolisme kehidupan harus dalam kondisi cair," paparnya.

Ciri yang ketiga, di planet tersebut harus terdapat unsur-unsur organik, yaitu minimal ada unsur ikatan antara gas karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen.



(Halaman selanjutnya: Ada Kehidupan di Mars?) (rns/krs)