Hands On Galaxy Z Fold 4: Teman Produktivitas Kian Nyaman Digenggam

ADVERTISEMENT

Laporan dari New York

Hands On Galaxy Z Fold 4: Teman Produktivitas Kian Nyaman Digenggam

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 14 Agu 2022 10:15 WIB
Samsung Galaxy Z Fold 4
Hands On Samsung Galaxy Z Fold 4. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Tak hanya Galaxy Z Flip 4 yang menarik, Galaxy Z Fold 4 juga tampil dengan gaya mengesankan. Bagaimana kesan pertama menggunakan penerus Galaxy Z Fold 3?

Saat melihat pertama kali, siapa pun akan mengira tampilan Z Fold 4 sama persis dengan Z Fold 3. Tapi percayalah ketika memandangnya dari dekat dan menyentuhnya secara langsung, kita akan menyadari Samsung telah memberikan sentuhan berbeda pada ponsel layar lipat barunya.

Samsung ternyata telah memendekkan ketinggian Fold 4 sebesar 3,1 mm dari pendahulunya. Di saat bersamaan lebarnya pun ditambah 2,7 mm.

Perubahan dimensi ini tidak mengubah ukuran layar, melainkan rasionya. Dengan alasan makin proposional saat digunakan, Fold 4 kini memiliki rasio layar utamanya menjadi 21,6:18, sebelumnya 22,5:18.

Samsung Galaxy Z Fold 4Samsung Galaxy Z Fold 4 Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Paling ketara rasio layar luar berubah dari 24,5:9 menjadi23,1:9. Dan benar saja saat coba digunakan, pengoperasiannya jauh lebih nyaman dan menyenangkan ketimbang Fold 3.

Bobot Galaxy Z Fold 4 jadi makin ringan dari pendahulunya. Sebagai pembanding, Fold 2 beratnya 282 gram, Fold 3 itu 271 gram, dan di Fold 4 hanya 263 gram. Dengan semakin ringan, menggunakan ponsel ini dalam waktu lama tak bikin tangan kelelahan.

Kendati bodinya semakin ringan, durabilitasnya pun tetap dikedepankan. Samsung mempergunakan material Armor Aluminium yang tangguh pada rangka, Gorilla Glass Victus+ pada penutup dan layar depan, perpaduan tersebut semakin meningkatkan daya tahan Fold 4.

Mata dimuat terkesan dengan kedua layar Fold 4. Panel Dynamic AMOLED 2X berhasil menyuguhkan warna yang kaya dan cerah. Dengan bezel yang tipis memberikan sensasi menonton yang lebih immersif.

Baik layar utama maupun cover diberikan dukungan refresh rate adaptif hingga 120 Hz. Ini membuat pengalaman menggulir halaman web detikINET semakin smooth. Tak sampai di situ, menulis dengan S Pen pun makin menyamai seperti di atas kertas sungguhan.

Oh iya, Samsung mengaku telah meningkatkan pixel yang ada di atas kamera selfie layar utama. Bikin kamera di bawah layar makin tidak terlihat saat menampilkan latar belakang putih maupun halaman web. Hebatnya, hasil jepretannya lebih baik ketimbang Fold 3.

Selanjutnya Kamera Belakang dan Performa

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT