Minggu, 20 Okt 2019 17:17 WIB

Review Produk

Acer Swift 5 (2019): Tipis, Ringan, dan Kencang

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Halaman 1 dari 3
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Acer memperbarui lini laptop seri Swiftnya untuk tahun 2019 dengan pembaruan utamanya adalah penggunaan prosesor Intel Core generasi ke-10.

Kali ini, detikINET berkesempatan menjajal performa Swift 5 (2019) yang dibekali kartu grafis Nvidia MX250, yang diklaim sebagai laptop dengan kartu grafis dedicated yang paling tipis dan ringan. Seperti apa performanya?

Desain
Unit Swift 5 yang diterima detikINET mempunyai warna biru yang dikombinasikan dengan aksen warna emas pada beberapa bagian laptop. Bodinya dibuat dengan konstruksi magnesium-lithium yang membuat bobotnya terjaga di bawah 1kg, tepatnya 990 gram.

Acer Swift 5 (2019): Tipis, Ringan, dan KencangFoto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Bobotnya ini membuat laptop ini tak terasa seperti sebuah laptop yang layarnya 14 inch. Bahkan bezel layarnya yang tipis ini (3,97mm) membuat bodinya lebih mirip laptop dengan layar 13 inch. Meski bezelnya tipis, Acer tetap bisa menyelipkan webcam pada bagian atas layar, bukan di bawah.

Acer Swift 5 (2019): Tipis, Ringan, dan KencangFoto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Ketebalan bodinya hanya 14,95mm, namun bukan berart pilihan portnya terbatas. Swift 5 ini mempunyai 2 buah USB-A, sebuah Thunderbolt 3/USB-C, HDMI, audio 3,5mm, dan sebuah Kensington lock

Engsel layar ErgoLift-nya punya fungsi tambahan untuk mengangkat bodi laptop ketika diangkat. Tak perlu takut bodinya tergores karena bagian yang bersentuhan dengan meja diberi tambahan karet. Bodinya yang terangkat ketika digunakan ini membuat aliran udara untuk pendingin laptop lebih lancar.

Acer Swift 5 (2019): Tipis, Ringan, dan KencangErgoLift Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Pada bagian kanan bawah keyboard terdapat sensor sidik jari untuk mengamankan laptop memanfaatkan fitur Windows Hello, dan jauh lebih mudah ketimbang menggunakan PIN ataupun password.

Acer Swift 5 (2019): Tipis, Ringan, dan KencangFoto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Lalu keyboardnya menggunakan layout layaknya seri Swift sebelumnya, dan terasa nyaman saat dipakai mengetik. Meski key travel-nya terbilang pendek, namun keyboardnya tetap terasa nyaman ditekan dan tetap memberikan feedback tactile yang memuaskan. Menurut detikINET, bagian yang tak nyaman dari keyboard ini adalah tombol panah pada bagian kanan bawah yang ukurannya terbilang kecil.

Acer Swift 5 (2019): Tipis, Ringan, dan KencangFoto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
(asj/fyk)