Mau Mudik, Pilih Google Maps atau Waze?

Mau Mudik, Pilih Google Maps atau Waze?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 26 Apr 2022 08:16 WIB
Bucharest, Romania - October 25, 2020: Shallow depth of field (selective focus) image with the Google Maps app on a mobile device in a car.
Mau Mudik, Pilih Google Maps atau Waze? Foto: Getty Images/CatEyePerspective
Jakarta -

Salah satu hal yang harus dipersiapkan saat mudik Lebaran tentu saja aplikasi navigasi dan peta. Saat ini ada dua aplikasi navigasi yang paling banyak digunakan yaitu Google Maps dan Waze.

Keduanya sebenarnya memiliki banyak kesamaan, baik dari segi fitur ataupun pemiliknya. Seperti diketahui, Google mengakuisisi Waze pada tahun 2013 dan sejak saat itu banyak fitur Waze yang dibawa ke Google Maps.

Meski memiliki banyak kesamaan, Google Maps dan Waze sebenarnya memiliki fungsi utama yang berbeda. Google Maps lebih mengandalkan data dalam menyajikan informasinya, sedangkan Waze lebih difokuskan untuk navigasi dan menggunakan informasi yang dimasukkan oleh pengguna.

Lantas, apa perbedaan antara Google Maps dan Waze dan mana yang paling cocok menemani perjalanan mudik kalian tahun ini? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Digital Trends, Selasa (26/4/2022).

Waze

google assistant wazegoogle assistant waze Foto: screenshot

Waze dikembangkan sebagai aplikasi navigasi yang mengandalkan informasi crowd-source dari penggunanya. Cara kerjanya mirip media sosial di mana pengguna bisa berbagi informasi tentang kondisi lalu lintas seperti kecelakaan, razia, penutupan jalan, dan lain-lain.

Karena itu, informasi rute yang ditampilkan oleh Waze terbilang lebih real time ketimbang Google Maps. Navigasi yang disediakan terbilang sama seperti Google Maps, seperti penunjuk arah turn-by-turn, estimasi durasi dan kedatangan, dan lain-lain.

Waze tidak hanya fokus untuk navigasi dan berkendara. Aplikasi ini terintegrasi dengan Spotify sehingga pengguna bisa langsung mendengarkan lagu dan podcast langsung dari aplikasi. Waze juga menyediakan banyak pilihan suara untuk memandu navigasi.

Salah satu perbedaan utama Waze dan Google Maps adalah Waze hanya menyediakan navigasi untuk pengendara motor dan mobil. Jadi pejalan kaki yang membutuhkan bantuan navigasi menggunakan kendaraan umum agak kesulitan jika memakai aplikasi ini.