Cara Memakai Google Maps Offline untuk Mudik Lebaran

Cara Memakai Google Maps Offline untuk Mudik Lebaran

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 25 Apr 2022 12:58 WIB
Ilustrasi Google Maps
Cara memakai Google Maps offline. Foto: detikcom
Jakarta -

Tentu banyak pemudik yang mengandalkan Google Maps pada mudik Lebaran 2022 kali ini. Memang Google Maps walaupun gratis, petunjuknya akurat dan dapat diandalkan. Lalu, bagaimana cara memakai Google Maps offline?

Ya selain digunakan online alias harus tersambung internet, Google Maps bisa pula dipakai secara offline dan tak perlu koneksi. Hal ini tentu berguna jika pemudik bepergian ke tempat yang internetnya lambat, tarif data mahal, atau tidak ada koneksi.

Tenang saja, Anda dapat menyimpan area dari Google Maps ke ponsel atau tablet dan menggunakannya saat offline dengan cara yang tidak ribet. Berikut ini panduan memakai Google Maps offline:

- Buka Google Maps, klik tombol akun foto profil atau inisial Anda di kolom search paling kanan, di samping mikrofon.

- Dari menu yang muncul, piilih offline maps (peta offline), lalu pilih lokasi yang ingin di-download. Makin luas area yang dipilih, maka akan makin banyak data yang akan diunduh.

- Google Maps akan mengunduh peta sesuai area yang dipilih itu. Untuk menghemat data, bisa men-downloadnya dengan menggunakan WiFi.

Anda bisa mendapatkan petunjuk arah saat offline, namun tidak dengan petunjuk arah angkutan umum, bersepeda, atau berjalan kaki. Anda tidak akan mendapatkan informasi lalu lintas, rute alternatif, atau panduan jalur.

Kemudian jika acara mudik sudah selesai dan data Google Maps offline dirasa terlalu besar, maka bisa langsung dihapus. Caranya sebagai berikut:

- Buka Google Maps, klik tombol akun foto profil atau inisial Anda di kolom search paling kanan, di samping mikrofon.
- Pilih menu offline maps (peta offline)
- Ketuk peta yang ingin Anda hapus



Simak Video "Google Maps Bakal Rilis Fitur Cek Tarif Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)