WhatsApp Siapkan Sistem Lapor Chat Baru yang Lebih Spesifik

WhatsApp Siapkan Sistem Lapor Chat Baru yang Lebih Spesifik

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 22 Sep 2021 13:07 WIB
SAN ANSELMO, CALIFORNIA - MAY 14: The WhatsApp messaging app is displayed on an Apple iPhone on May 14, 2019 in San Anselmo, California. Facebook owned messaging app WhatsApp announced a cybersecurity breach that makes users vulnerable to malicious spyware installation iPhone and Android smartphones. WhatsApp is encouraging its 1.5 billion users to update the app as soon as possible.  (Photo Illustration by Justin Sullivan/Getty Images)
WhatsApp Siapkan Sistem Lapor Chat Baru yang Lebih Spesifik Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

WhatsApp belum lama ini menjadi perhatian karena sistem pelaporan chat dan moderasinya yang dianggap melanggar privasi pengguna. Kini, WhatsApp mengembangkan sistem pelaporan chat baru yang lebih private.

Sistem pelaporan baru ini pertama kali ditemukan oleh laman WABetaInfo. Dengan sistem baru ini, pengguna bisa melaporkan satu pesan spesifik yang ada di chat kepada WhatsApp.

Seperti diketahui, sistem pelaporan chat WhatsApp saat ini mengirimkan pesan yang dianggap tidak pantas bersama empat chat sebelumnya kepada WhatsApp. Empat pesan tambahan ini dikirimkan kepada WhatsApp untuk membantu moderator mereka memahami konteks untuk menentukan akan memblokir akun pengirim pesan atau tidak.

Dengan sistem baru ini, jika pengguna melaporkan pesan yang tidak pantas maka hanya pesan itu saja yang akan dikirimkan ke WhatsApp. Aturan ini berlaku untuk semua pesan yang dikirimkan di chat individu, grup maupun dengan akun bisnis.

Saat ini sistem pelaporan pesan baru tersebut sudah tersedia di WhatsApp beta untuk Android versi 2.21.20.1, serta WhatsApp beta untuk iOS versi 2.21.190.12 dan 2.21 190.11, seperti dikutip dari Android Authority, Rabu (22/9/2021).

Pengguna WhatsApp beta untuk iOS yang sudah menerima fitur baru ini akan melihat opsi Report terbaru yang akan muncul ketika mereka mengetuk dan menahan pesan yang akan dilaporkan. Tombol baru ini akan muncul bersama dengan opsi Star, Reply, Forward, Copy dan Delete yang sudah ada.

Sistem Report chat baru di WhatsAppSistem Report chat baru di WhatsApp Foto: WABetaInfo

Sedangkan di WhatsApp beta untuk Android, pengguna bisa melaporkan chat dengan mengetuk dan menahan pesan, dan kemudian mengetuk tombol menu tiga titik di pojok kanan atas layar, lalu ketuk tombol Report.

Sistem Report chat baru di WhatsAppSistem Report chat baru di WhatsApp Foto: WABetaInfo

Jika pengguna memilih opsi Report untuk melaporkan chat, WhatsApp juga akan menampilkan dialog notifikasi yang bisa diklik oleh pengguna untuk memblokir kontak atau bisnis yang mengirimkan pesan tidak pantas.

Saat ini sistem pelaporan pesan baru WhatsApp baru tersedia untuk penguji coba beta. Belum diketahui kapan aplikasi milik Facebook ini akan merilis versi stabilnya untuk seluruh pengguna.



Simak Video "WhatsApp Kini Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus, Berikut Faktanya..."
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)