Fitur Baru Facebook, Bikin News Feed Lebih Asyik

Fitur Baru Facebook, Bikin News Feed Lebih Asyik

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 03 Apr 2021 06:16 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Fitur Baru Facebook Mudahkan Pengguna Kontrol Konten di News Feed (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Facebook meluncurkan sederet fitur baru yang memudahkan pengguna mengontrol konten yang ditampilkan di News Feed. Salah satunya adalah fitur filter bar atau bilah filter beranda yang memungkinkan pengguna melihat konten yang disusun secara kronologis.

Dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Sabtu (3/4/2021) fitur ini adalah pengembangan dari fitur 'Favorites' yang diluncurkan Facebook Oktober lalu. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memilih 30 teman dan halaman dan memprioritaskan konten dari mereka di News Feed.

Facebook juga menawarkan pengguna opsi untuk melihat konten terbaru yang disusun secara kronologis. Kedua fitur ini sebelumnya telah tersedia, tapi pengguna harus mencari menu yang agak tersembunyi untuk mengaksesnya.

Dengan update terbaru ini, Facebook menampilkan kedua filter ini dengan lebih menonjol dan menempatkannya di atas News Feed. Pengguna bisa memilih antara tab 'Home', 'Favorites', atau 'Recent' untuk melihat konten yang disusun oleh algoritma, konten dari teman dekat, atau konten terbaru.

Fitur baru facebook mudahkan kontrol konten di News FeedFilter bar Facebook Foto: dok. Facebook

Filter ini akan tersedia bagi pengguna aplikasi Facebook di Android dalam waktu dekat, dan akan diuji di iOS dalam beberapa minggu ke depan.

Selain itu, Facebook juga menghadirkan tool yang memudahkan pengguna untuk membatasi siapa saja yang boleh meninggalkan komentar di postingan mereka.

Jadi pengguna Facebook bisa memilih jika mereka ingin postingan itu bisa dikomentari oleh semua orang yang melihat postingan, teman, atau profil dan halaman yang telah ditandai.

Fitur baru facebook mudahkan kontrol konten di News FeedFitur kontrol komentar Foto: dok. Facebook

Perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini juga memperluas tool 'Mengapa saya melihat ini?' ke lebih banyak konten. Fitur ini pertama kali dikenalkan April tahun lalu dan memungkinkan pengguna untuk melihat kenapa postingan yang disarankan oleh algoritma Facebook muncul di News Feed mereka.

Kini konteks tambahan tersebut juga akan muncul di saran postingan dari teman, halaman dan grup yang tidak diikuti pengguna. Konteks ini akan menjelaskan bagaimana postingan ini disarankan karena mengikuti topik terkait, interaksi dan lokasi.

Fitur baru facebook mudahkan kontrol konten di News FeedKonteks tambahan di postingan rekomendasi Foto: dok. Facebook


Simak Video "Facebook Uji Coba Aplikasi 'Sparked' Buat Kencan Online"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)