Alasan Foto di Layar Kamera Lebih Baik Ketimbang di Laptop

KlinikINET

Alasan Foto di Layar Kamera Lebih Baik Ketimbang di Laptop

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Senin, 30 Mei 2016 13:29 WIB
Foto: petapixel
Jakarta - Kenapa hasil foto di layar monitor kamera terlihat lebih baik daripada di layar laptop? (Arfandi)

Jawaban:

Layar monitor di kamera foto memang bisa terlihat menarik atau bahkan sebaliknya dibandingkan monitor laptop disebabkan karena kualitas antar layar tidak sama, dan juga kalibrasinya tidak sama.

Kualitas monitor di kamera foto bervariasi, dan juga berbeda tergantung dari setting brightness, dan kondisi cahaya lingkungan. Saat lingkungannya gelap, gambar di kamera foto terlihat terang, tapi kalau di luar ruangan sangat matahari bersinar dengan terik, gambar menjadi hitam.

Layar monitor laptop atau komputer juga bervariasi. Untuk laptop entry level, layar monitor biasanya kurang baik, tidak mampu memunculkan semua gamut warna sehingga fotonya terlihat pucat atau tidak sesuai warnanya. Sebelum membeli komputer/laptop, sebaiknya memperhatikan juga kualitasnya dan apakah monitor tersebut baik atau tidak.

Selanjutnya setiap monitor perlu dikalibrasi supaya warna dan kontras yang ditampilkan standard dan tidak meleset saat mencetak foto, atau saat ditampilkan di layar monitor yang terkalibrasi dengan baik.

Berikut langkah-langkah kalibrasi manual monitor:

- Cek ukuran resolusi layar (image resolution) pastikan settingnya berada dipaling tinggi atau pilih yang paling optimal

- Pastikan layar berada di setting warna 24 bit atau high-color

- Pastikan tidak ada cahaya yang kuat langsung menyorot monitor Anda sehingga timbul pantulan

- Cetak foto favorit Anda dengan kertas foto profesional

- Atur setting brightness, contrast dan warna (Merah, Hijau, Biru) monitor sehingga menyerupai foto

- Gunakan program seperti Adobe Gamma (biasa ditemukan di control panel) atau Quickgamma (gratis)

Bila Anda mengunakan Windows, Anda bisa mengunakan fasilitas kalibrasi yang bisa ditemukan di control panel/Appearance/Display Kalibrasi monitor juga bisa dilakukan dengan mengunakan alat kalibrasi otomatis yang bisa dibeli di pasaran contohnya adalah Spyder 3. Di beberapa komputer canggih yang menyasar fotografer profesional memiliki alat kalibrasi monitor built-in. (jsn/fyk)