Uji Coba Game Undawn: Gameplay Menarik dan Grafik Memukau

Uji Coba Game Undawn: Gameplay Menarik dan Grafik Memukau

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 25 Apr 2021 09:51 WIB
Garena Akan Merilis Undawn, Game Open-world Survival Shooter Untuk Pemain Di Asia Tenggara Dan Sekitarnya
Pre-Alpha Undawn: Gameplay Menarik dan Grafik Memukau (Foto: garena indonesia)
Jakarta -

Sebagai publisher game yang sudah sangat populer, Garena Indonesia kembali menghadirkan game mobile. Kali ini mereka meluncurkan Undawn dengan pengalaman bermain game AAA.

Garena pun merilis uji coba pre-alpha game Undawn dengan menyediakan slot terbatas. Sebanyak 10.000 pemain pun telah terdaftar dan beruntung dapat mencoba pre-alpha game ini.

Meskipun game dengan konsep serupa sudah bertebaran di Google Play Store ataupun iOS. Namun ini tidak menyurutkan mereka untuk merilis Undawn sebagai game open world survival shooter yang dimilikinya.

Lalu bagaimana gameplay yang ditawarkan? Apakah benar grafik yang diberikan serupa dengan kualitas game AAA?

Berikut detikINET rangkum terkait gameplay dan grafik yang ditawarkan Undawn pada versi pre-alpha, dari pengalaman memainkan game ini. Perlu diingat, game ini masih dalam tahap uji coba. Sehingga kemungkinan besar akan nantinya akan ada perbedaan ketika resmi rilis secara global.

Gameplay Undawn

Pre-Alpha Undawn: Gameplay Menarik dan Grafik MemukauPre-Alpha Undawn: Gameplay Menarik dan Grafik Memukau Foto: capture game Undawn

Bila berbicara mengenai gameplay, tidak jauh berbeda dengan game survival horor pada umumnya. Pemain diharuskan bertahan hidup dan berusaha membunuh zombie dengan senjata yang dimilikinya.

Terdapat senjata api dan senjata tajam yang bisa digunakan. Pemain juga dapat melakukan aktivitas crafting dan memiliki skill berbeda ketika naik ke level selanjutnya.

Tidak rumit dan mudah ketika mengendalikan karakter untuk membunuh zombie. Semua tersedia hanya dalam satu layar seluler.

Terdapat tombol untuk menembak atau memukul di kedua sisi kanan dan kiri. Pemilihan senjatanya mudah dan mekanik pergerakan dari karakternya halus.

Semua dikombinasikan pada satu layar dengan layout yang terbilang ramai namun tetap terlihat rapi. Selain itu pemain dapat mengatur sendiri posisi tombol tembak, analog untuk bergerak jalan atau lari dan penempatan fitur lainnya di pengaturan.

Hal ini serupa dengan pengaturan yang ada di game battle royale Garena seperti Free Fire dan Call of Duty: Mobile. Namun menjadi pertanyaan besar ketika zombie yang dihadirkan terlalu lincah dalam bergerak.

Mengingat pada setiap film zombie, kita disuguhkan dengan gerakan lambat menyeret mereka dan kemampuan brutal ketika mendapatkan mangsanya. Berbeda sekali dengan Undawn yang memberikan kecanggihan kepada zombie untuk bisa berlari layak manusia normal yang tidak terkena virus.

Belum diketahui latar belakang yang menyebabkan hal ini terjadi. Mungkin developer punya alasan sendiri mengapa zombie yang hadir memiliki kecepatan di atas zombie normal yang biasa kita saksikan di film.

Namun sebenarnya ada hal yang sangat disayangkan. Mengapa Undawn menyediakan kendaraan roda dua, namun bisa kita simpan sebagai objek virtual.

Seharusnya agar kesan bertahan hidupnya lebih terasa, pihak developer memberikan sedikit tantangan dengan agenda crafting ketika ingin menggunakan kendaraan.

Seperti mencari komponen kendaraan yang hilang, kemudian merakitnya hingga akhirnya mengendarai kendaraan tersebut. Setelah selesai digunakan, tidak tersimpan di dalam sebuah remot virtual. Ini terlalu modern dengan latar tempat yang dipenuhi pepohonan menjulang tinggi.

Kualitas Grafik Undawn

Pre-Alpha Undawn: Gameplay Menarik dan Grafik MemukauPre-Alpha Undawn: Gameplay Menarik dan Grafik Memukau Foto: capture game Undawn

Dilihat dari latar belakang platform yang digunakan, Undawn sudah lebih dari cukup menawarkan visual grafik di perangkat seluler. Mereka juga memberikan pilihan dengan grafik yang bisa disesuaikan pada masing-masing smartphone pemain.

Terdapat beberapa pilihan Frame Rate seperti Low, Average, High, Ultra dan Ultra High yang dikombinasikan dengan kualitas tekstur agar pemain lebih nyaman.

Ada baiknya jangan memaksakan menggunakan frame rate dan tekstur yang tinggi. Hal ini demi kenyamanan kalian bermain Undawn.

Mungkin kalian bisa menggunakan setting-an yang tinggi, namun ada kemungkinan akan terjadi lag ketika bermain. Sebaiknya pastikan smartphone kalian sanggup untuk memainkan dengan setting-an frame rate dan tekstur yang tinggi.

Tim detikINET sendiri ketika mencoba memainkan Undawn menggunakan Samsung Galaxy A32, yang sudah terbukti kuat menjalankan game seperti Genshin Impact. Sehingga ketika memainkan game ini, Undawn pun dapat dilibas, meskipun setting-an grafik tidak bisa mencapai Ultra HD.

Setiap detail yang yang hadir seperti pohon, rumput, bangunan besar, perkemahan, api atau desain visual dari zombie itu sendiri terlihat sangat memukau. Kerapatan pixel pada setiap karakter sangat memanjakan mata pemain.

Kualitas grafik yang diberikan sangat memukau bila dikombinasikan dengan audio yang ditawarkan. Disarankan menggunakan headset untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih ganas.

Musik rileks dan tenang, menambah keindahan setiap detail gambar dan tekstur dari game Undawn. Meskipun instrumen nada diputar berulang-ulang, namun tidak terasa membosankan.

Untuk audio dari tenang menuju ke situasi menegangkan bisa dibilang sudah cukup baik. Meskipun sepertinya bisa dibuat lebih halus lagi ketika perpindahannya.

Sementara itu saja penjelasan terkait game Undawn. Mungkin review lengkapnya akan hadir ketika game ini sudah resmi rilis secara global dari semua tahap pengembangan.

Satu hal yang pasti, game ini layak sekali untuk dicoba detikers. Kemungkinan besar, saat perilisan resminya, akan ada perbedaan dari versi pre-alpha. Hal ini mengingat Undawn masih dalam tahap pengembangan.



Simak Video "Garena Bakal Rilis Game 'Undawn' yang Dipenuhi Zombie"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)