Review Galaxy A32: Bisa Main Genshin Impact, Tapi...

Review Galaxy A32: Bisa Main Genshin Impact, Tapi...

Panji Saputro - detikInet
Sabtu, 10 Apr 2021 21:41 WIB
Galaxy A32
Galaxy A32 Bisa Main Genshin Impact, tapi... (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Pandemi yang terjadi tidak menghalangi Samsung untuk terus berinovasi. Pada tahun ini saja, tepatnya bulan Maret, mereka sudah meluncurkan karya terbaru salah satunya yakni Samsung Galaxy A32.

Smartphone ini hadir bersama dengan saudara seperguruannya, yaitu Galaxy A52 dan A72. Di tengah persaingan ponsel yang semakin tinggi, menjadi hal yang wajar memberikan pertanyaan apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A32.

Hal ini mengingat banyak aktivitas yang mengandalkan kecanggihan smartphone, mulai dari berkomunikasi hingga bermain game.

Menjawab itu, saya berkesempatan menjajal ponsel ini dalam beberapa pekan. Dalam ulasan ini Galaxy A32 dikomparasikan dengan Samsung Galaxy J6 yang saya gunakan.

Nah berikut review Samsung Galaxy A32:

Desain

Galaxy A32Galaxy A32 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Galaxy A32 menyajikan desain yang cukup minimalis dengan material bodi berbahan plastik layaknya kaca di bagian belakangnya. Samsung sempat mengatakan bahwa material yang digunakan ini adalah glasstic.

Dikombinasikan rangka aluminium dan cover warna solid tanpa gradasi menjadikan Galaxy A32 terlihat elegan dan tidak terkesan murahan. Mengusung dimensi 158,9 x 73,6 x 8,4 mm dengan bobot 183 gram terasa sedikit besar dalam kantong celana.

Alhasil saya lebih sering menyimpannya di tas kecil (waist bag). Tidak saja lega, ini ini bisa menghindari tekanan saat ditaruh di celana, terlebih ukuran yang ketat.

Galaxy A32, ponsel anyar Samsung harga Rp 3 jutaanPort bagian bawah Galaxy A32. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Di bagian bawah terdapat speaker, lubang charger dan port headset. Di bagian kanan, terdapat tombol suara dan power yang memang sudah menjadi letak umum bagi beberapa smartphone. Bila menengok di sebelah kiri, tidak terlihat sebuah tombol, karena Samsung menempatkan slot SIM card dan microSD.

Hal yang berbeda dari Galaxy A32 yakni keberadaan fitur sensor fingerprint yang berada di bagian layarnya. Berbeda dengan Galaxy J6 yang saya gunakan, sensor sidik jadi di bagian belakang bodi.

Adanya fingerprint di layar serta logo Samsung yang diletakkan di bagian bawah membuat bersih tampilan belakang Galaxy A32.

Layar

Galaxy A32, ponsel anyar Samsung harga Rp 3 jutaanGalaxy A32, ponsel anyar Samsung harga Rp 3 jutaan Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Galaxy A32 menawarkan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inch dengan resolusi 1.080 x 2.400 pixel. Ketajaman gambarnya tidak perlu diragukan lagi.

Ponsel ini juga mengusung desain Infinity V. Berkat bezel tipis membuat layar Galaxy A32 tampak lebar.

Punya tingkat kecerahan 800 nit membuat layar masih terlihat jelas meski di bawah sinar matahari. Dengan refresh rate 90Hz membuat scrolling layar Galaxy A32 jauh lebih mulus dari Galaxy J6. Mengusung touch sampling rate 180Hz bikin aktivitas bermain game juga lebih seru.