Mau-maunya, Orang Rela Beli Foto PS5 Sampai Rp 134 Juta

Mau-maunya, Orang Rela Beli Foto PS5 Sampai Rp 134 Juta

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 27 Nov 2020 06:10 WIB
PS5
Foto: Istimewa
Jakarta -

Antusiasme terhadap PlayStation 5 (PS5) sungguh di luar dugaan. Tak lama setelah dirilis, fans PlayStation berebut membelinya. Yang menarik, semua hal terkait PS5 pun ikut laku, termasuk fotonya. Tapi untuk apa ya?

Bukannya membeli konsol PS5, puluhan orang, mungkin secara tidak sengaja, rela menawar dengan harga mahal untuk sebuah foto PS5 yang dilelang. Ya, foto! Bukan konsol PS5.

Hal ini setidaknya terjadi di Inggris. Berdasarkan pemindaian cepat di situs lelang eBay, ditemukan ada puluhan orang mengiklankan foto PS5. Beberapa di antaranya bernilai lebih dari 2.000 poundsterling atau sekitar Rp 37 juta.

Iklan lelang lainnya yang masih berlangsung, bahkan ada yang menghargai foto PS5 seharga 6.500 - 7.100 poundsterling atau sekitar Rp 122 juta - Rp 134 juta. Jauh lebih mahal dari harga konsolnya yang dibanderol di harga mulai dari Rp 8 jutaan. Edan!

Entah untuk apa orang-orang ini sangat antusias mau menawar foto PS5. Mungkin saking ngebetnya ingin punya konsol terbaru Sony tersebut? Atau, mereka keliru dan tidak memperhatikan keterangan iklan? Tapi sebenarnya, di setiap iklan tersebut disebutkan dengan jelas bahwa yang dijual adalah foto PS5, bukan PS5.

PS5Iklan lelang foto PS5 di eBay. Foto: eBay

Pada salah satu iklan, seperti dikutip dari Lad Bible tertulis: "Brand New! PS5 Disc Edition Photo." Kemudian di bawahnya tertulis lagi deskripsi "Brand New! PS5 Disc Edition PHOTO," disertai penekanan yang ditunjukkan dengan tulisan "PHOTO" diketik dengan huruf besar semua.

Selain itu, ada pula keterangan lain di bawahnya yang menyebutkan, "Kondisi masih baru. Ini adalah foto. Kalian akan menerima foto lewat email jika penawaran sukses. Pembeli harus memberikan alamat email setelah memenangkan penawaran. Terima kasih."

Penawaran lainnya yang sudah mencapai 5.100 poundsterling (Rp 96 juta) juga menuliskan deskripsi: "New PS5 Disc Edition (photo). This is a photo of the PS5. You will receive a printed picture of a PS5."

"Ini adalah foto PS5. Kalian akan menerima foto hasil cetak PS5," demikian keterangan pada penawaran tersebut.

PS5Pada keterangan iklan lelang tertulis bahwa yang dijual adalah foto PS5. Foto: eBay

Tidak diketahui siapa saja orang yang berhasil memenangkan penawaran dan rela merogoh kocek dengan jumlah fantastis cuma untuk foto PS5. Mungkin orang-orang yang ikut dalam lelang penawaran ini hanya ikut-ikutan untuk seru-seruan, atau mungkin membutuhkannya untuk menghibur diri karena putus asa kesulitan mendapatkan PS5? Entahlah.

Untuk diketahui, pemesanan PS5 di Inggris banyak mengalami kendala, mulai dari server retailer yang down karena padatnya permintaan, hingga berbagai laporan konsumen yang mengaku tidak mendapatkan PS5 yang sudah mereka beli.

Sejumlah konsumen Amazon di Inggris mengeluhkan mereka tak mendapatkan PS5 yang mereka pesan dari Amazon. Pesanannya itu memang datang dengan dus PS5, namun isinya malah benda-benda aneh, mulai dari sekarung beras, makanan kucing, sampai penanak nasi. Kacau!



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)