Selasa, 30 Jul 2019 10:48 WIB

3 Faktor untuk Hasilkan Foto Portrait Bagus

Enche Tjin - detikInet
3 Faktor untuk Hasilkan Foto Portrait Bagus. (Foto: Dok. Enche Tjin) 3 Faktor untuk Hasilkan Foto Portrait Bagus. (Foto: Dok. Enche Tjin)
Jakarta - Buat kamu yang gemar fotografi, secara khusus foto portrait, simak saran dari fotografer Enche Tjin agar bisa menghasilkan karya yang bagus.

Menurut Enche Tjin, paling tidak ada tiga faktor yang harus dipikirkan ketika kamu hendak mengambil foto portrait. Simak lebih lanjut tuturannya berikut ini:




Pertama-tama, bagi yang senang foto portrait model, tentu ada baiknya dipikirkan konsep atau idenya. Konsep akan mendikte lokasi memotret, pakaian, pose, dan pencahayaan.

Contoh foto portrait dengan tema vintage atau jadul:

3 Faktor untuk Hasilkan Foto Portrait BagusFoto: Dok. Enche Tjin

Faktor kedua yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan. Pilihlah cahaya yang tepat menentukan suasana/mood fotonya.

Cahaya Matahari di siang hari yang keras biasanya tidak saya anjurkan karena membuat bayangan yang gelap dibawah mata dan hidung, tapi bisa juga memberikan efek panas dan keras.




Cahaya sore hari yang lebih lembut dan mengarah dari samping subjek foto dapat terlihat lebih menarik, berdimensi dan hangat. Hari yang mendung atau berkabut memberikan kesan lembut dan suasana yang kelam.

Untuk tema Angelic ini, saya memilih cahaya yang lembut dan kondisi pencahayaan yang terang secara cukup merata sehingga sesuai dengan konsep.

3 Faktor untuk Hasilkan Foto Portrait BagusFoto: Dok. Enche Tjin

Tambahan cahaya matahari dari belakang memberikan suasana yang sedikit berbeda dan lebih berdimensi, bukaan besar yang membatasi ruang tajam memberi kesan "ethereal" (sangat halus dan ringan).

3 Faktor untuk Hasilkan Foto Portrait BagusFoto: Dok. Enche Tjin

Bagi yang tidak menyukai portrait "settingan" seperti model, bisa mencoba memotret environmental portrait, yaitu orang lokal yang memiliki karakter yang menarik di ruang publik.

Misalnya, baru-baru ini saya membuat portrait seorang peziarah yang sedang memanggul kambing untuk dilempar ke mulut kawah Bromo sebagai sesaji.

3 Faktor untuk Hasilkan Foto Portrait BagusFoto: Dok. Enche Tjin

Untuk membuat foto portrait yang memiliki "impact", bukan hanya dibutuhkan model yang cakep, tapi yang lebih penting adalah yang memiliki karakter yang unik di dukung oleh latar belakang yang sesuai.

Selamat mencoba!




Simak Video "Tips Fotografi Menggunakan Ponsel ala Fotografer Darwis Triadi"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed