Cobain Kuy! Bikin Foto Makro Jadi Cara Usir Jenuh Saat #DiRumahAja

Cobain Kuy! Bikin Foto Makro Jadi Cara Usir Jenuh Saat #DiRumahAja

Yudistira Imandiar - detikInet
Kamis, 09 Apr 2020 07:30 WIB
Foto makro
Foto: Dok. OPPO Indonesia
Jakarta -

Masyarakat diimbau menjalani physical distancing sebagai langkah antisipasi penyebaran virus COVID-19. Selama menghabiskan waktu #DiRumahAja, menekuni hobi fotografi bisa jadi sarana pengusir jenuh.

Fotografer fashion Nicoline Patricia Malina membagikan ceritanya melewati masa isolasi di rumah. Berdiam di rumah, kata dia, bukanlah sesuatu yang mudah mengingat ia terbiasa berkegiatan di luar rumah. Selama pandemi COVID-19 ini, praktis aktivitas memotret berkurang signifikan, termasuk juga kegemarannya travelling harus ditunda sementara waktu.

Untuk mengusir jenuh, Nicoline mencari cara agar dapat menyalurkan naluri fotografinya selama berdiam di rumah. Akhirnya, Ia menemukan kesenangan dengan memotret barang-barang yang ada di rumah dengan teknik makro.

Salah satu objek foto favoritnya yakni tanaman. Berbekal kamera ponsel, dia mengeksplorasi keindahan tanaman dari berbagai sudut, menemukan komposisi dan pencahayaan yang bagus untuk fotonya.

"Awalnya bosan di rumah, nggak bisa motret keluar. Tapi akhirnya ketemu kegiatan baru foto benda-benda di rumah, kayak tanaman. Ternyata menyenangkan jadi nggak bisa berhenti," cerita Nicoline kepada detikINET beberapa waktu lalu.

Foto makroFoto makro Foto: Dok. OPPO Indonesia

Dara kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu menuturkan, fitur kamera makro pada ponsel dapat dioptimalkan buat menjepret benda-benda di rumah. Dengan mode makro, memungkinkan memotret objek seperti tanaman, hiasan rumah, dan sebagainya secara detail sehingga didapatkan hasil foto yang estetik.

Untuk memotret di rumah, Nicoline menggunakan kamera OPPO Reno3. Kamera Reno3 memiliki fitur super macro 3cm yang dapat membidik objek secara detail dari jarak minimal 3 cm.

"Aku lagi suka banget pakai makro untuk foto-foto di rumah. Gambarnya jadi detail. Biasanya kita kalau mau foto makro harus ganti dulu lensa (kamera profesional) yang gede banget, tapi ini (kamera OPPO Reno3) tinggal zoom aja," imbuh Nicoline.

Foto makroFoto makro Foto: Dok. OPPO Indonesia

Mode manual pada OPPO Reno3, lanjutnya, membuat pengambilan gambar jadi lebih maksimal. Sebab, pengaturan kamera bisa ditentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan.

"Foto dengan manual sistem membantu aku banget. Bisa adjust semua sendiri, ISO, (shutter) speed. Lebih puas ambil gambarnya," kata Nicoline.

Sekadar diketahui, selain mode makro OPPO juga membekali kameranya dengan sejumlah fitur menarik. Ada Ultra Dark Mode yang menjanjikan foto terang di kondisi kurang cahaya. Lalu ada fitur 5x Hybrid Zoom dan 20x Digital Zoom. Membuat objek yang cukup jauh dapat terpotret dengan kualitas yang baik.

OPPO Reno3OPPO Reno3 Foto: dok OPPO

Namun yang menarik ponsel ini punya fitur 108MP Ultra Clear Image yang memungkinkan Reno3 akan mengambil foto multi-frame dan melalui kecerdasan buatan akan secara otomatis digabungkan. Hasilnya gambar asli dengan pixel yang rendah akan diubah menjadi gambar dengan resolusi tinggi, tajam, dan jelas.

OPPO memberikan kemudahan untuk pemesanan perangkat dan layanan konsultasi personal produk melalui aplikasi WhatsApp di nomor 0815-955-0000. Konsumen dapat menanyakan informasi seputar produk favorit yang ingin dibeli, memilih opsi pengiriman dan pembayaran, kemudian produk akan diantarkan ke rumah secara gratis setelah melakukan pembayaran.

(prf/ega)