Tiga dari 15 Ide Terbaik di Google Bangkit 2021

Tiga dari 15 Ide Terbaik di Google Bangkit 2021

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 16 Jul 2021 15:49 WIB
Google Bangkit 2021
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Dari 2.250 mahasiswa yang lulus dari program Bangkit 2021 besutan Google, lahir 15 kelompok yang punya ide terbaik dan mendapat pendanaan dari USD 5.000 dari Google.

"Saya sangat mengapresiasi ide peserta Bangkit 2021. Ini merupakan kreativitas dan inovasi yang luar biasa bagi sesama. Semua proyek ini terkait dengan sociopreneurship, yang tidak mementingkan diri sendiri, tetapi melihat kemaslahatan yang lebih luas. Ini sangat membanggakan dan membahagiakan bagi saya sebagai seorang pendidik," ujar Dirjen Dikti Kemendikbudristek, Prof Ir Nizam, dalam acara virtual, Kamis (15/7/2021).

Berikut ini adalah tiga dari 15 kelompok dengan ide terbaik dari Bangkit 2021.

Bacara: Jembatan komunikasi pembelajaran bahasa isyarat

Aplikasi BacaraAplikasi Bacara Foto: Dok. Google


Aplikasi Bacara (Bantu Bicara) sebagai platform pembelajaran bahasa isyarat Indonesia dan translasi bahasa isyarat Indonesia menjadi teks dan audio secara langsung.

Aplikasinya dikembangkan oleh Timotius Haniel dan Thomas Ken Ronaldi dari Institut Teknologi Harapan Bangsa, Gita Ayu Salsabila dan Tobias Ivandito Margogo Silalahi dari Universitas Indonesia, Muhammad Rizky Perdana, Universitas Esa Unggul dan Michelle Octavia Yolanda Sari dari Telkom University.

Ide pembuatan aplikasinya berasal dari berawal dari keadaan teman tuli dan teman bisu yang memiliki keinginan untuk berkomunikasi dengan masyarakat secara umum. Namun seringkali menghadapi kendala karena lawan bicara tidak memahami bahasa isyarat.

Dengan Bacara masyarakat bisa mengarahkan kamera ke teman tuli atau teman bisu yang menggunakan bahasa isyarat, Bacara akan menghasilkan text translasi dan juga suara sebagai output/hasil translasi bahasa isyarat.

Dari apa yang dipelajari di Bangkit, tim Bacara mengembangkan model machine learning dengan menggunakan aplikasi Android dan mengintegrasikan Google Cloud sebagai bagian dari tempat penyimpanan data Bacara.

Buangin dan Kaki Keenam ada di halaman berikutnya