Bill Gates Khawatir Kecerdasan Buatan Berbahaya di Masa Depan

Ancaman AI

Bill Gates Khawatir Kecerdasan Buatan Berbahaya di Masa Depan

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Minggu, 25 Apr 2021 06:48 WIB
Bill Gates kutu buku
Bill Gates khawatir dengan AI di masa depan (Foto: Facebook)
Jakarta -

Bukan cuma Elon Musk yang khawatir dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Co Founder Microsoft, Bill Gates khawatir mesin cerdas menjadi berbahaya dalam beberapa dekade mendatang.

Kekhawatiran ini pernah diberitakan oleh Cnet tahun 2015, seperti dilansir detikINET, Minggu (25/4/2021). Kekhawatiran Bill Gates terungkap dalam sesi tanya jawab di forum Reddit.

Dalam event Reddit AskMeAnything, Bill Gates ditanya soal pandangannya terhadap kecerdasan buatan. Jawabannya mengejutkan, dia meminta masyarakat waspada terhadap AI sebelum terlambat.

"Saya ada di kubu yang khawatir tentang intelegensia super," kata Bill Gates.

Kata Bill Gates, pada awalnya mesin akan melakukan pekerjaan untuk manusia dan tidak terlalu cerdas. Hal ini akan bersifat positif jika manusia bisa mengaturnya dengan baik.

"Tapi, beberapa dekade setelah itu, kecerdasan ini menjadi cukup kuat untuk membuat kita khawatir," kata dia.

Sebelum Bill Gates, Elon Musk juga menyampaikan kekhawatirannya terhadap AI. Bos Tesla dan SpaceX itu sering kali menyampaikan kekhawatirannya akan masa depan kecerdasan buatan atau AI. Sampai-sampai dia pernah menyatakan kalau teknologi AI lebih berbahaya ketimbang senjata nuklir.

"Saya setuju dengan Elon Musk dan beberapa orang lain soal ini, dan saya tidak mengerti kenapa sebagian orang tidak khawatir," pungkas Bill Gates.

Builtin pernah membuat ulasan soal potensi bahaya AI. Potensi itu adalah hilangnya lapangan pekerjaan diambil alih mesin, pelanggaran privasi, teknologi deepfake yang rawan disalahgunakan untuk pemalsuan, bias algoritma dan kesenjangan sosial.

Yang paling seram adalah ancaman otomatisasi senjata. Oleh karena itu, AI harus sangat diimbangi dengan sistem kontrol yang baik.



Simak Video "Singgung Space War, Jokowi Ingin BPPT Jadi Pusat Kecerdasan RI"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)