NASA Kembali Tunda Peluncuran Rover Mars 2020

NASA Kembali Tunda Peluncuran Rover Mars 2020

Josina - detikInet
Senin, 15 Jun 2020 11:45 WIB
Planet Mars
NASA Kembali Tunda Peluncuran Rover Mars 2020. (Foto: NASA)
Jakarta -

Akibat pandemi COVID-19 NASA turut terdampak mereka terpaksa harus memulangkan para stafnya dan bahkan mereka yang bekerja dari jarak jauh untuk mengirim perintah ke NASA di Mars harus melakukan di kantor pusat.

Ini juga berdampak pada penundaan peluncuran Rover Mars 2020 sebuah misi sangat penting bagi NASA. Badan antariksa Amerika serikat harus memastikan bahwa anggota staf memiliki kemampuan untuk melanjutkan pekerjaan mereka.

Kini, NASA kembali menunda tanggal peluncuran misi dari 17 Juli menjadi 20 Juli 2020.

"NASA dan ULA sekarang menargetkan Senin, 20 Juli 2020 untuk meluncurkan misi Mars 2020 Perseverance Rover dengan roket Atlas V dari Space Launch Complex-41 di Cape Canaveral Air Force Station di Florida. Diperlukan waktu tambahan bagi tim untuk memperbaiki masalah dengan peralatan sistem ground," kata NASA dilansir detiKINET dari BGR.

Meluncurkan pesawat ruang angkasa ke Mars jauh berbeda dari meluncurkan satelit ke orbit atau bahkan mengirim penjelajah ke bulan.

Waktu adalah segalanya karena Bumi dan Mars mengorbit dengan kecepatan yang berbeda, peluang mengirim misi ke Planet Merah hanya ada setiap beberapa tahun.

Awal tahun ini, Badan Antariksa Eropa terpaksa menunda peluncuran misi ExoMars yang sudah direncanakan. Mengutip masalah yang terkait dengan pandemi corona, ESA mengumumkan mereka memutuskan membatalkan peluncuran 2020. Sebagai gantinya, mereka memulai misi pada 2022.



Simak Video "Detik-detik Ingenuity Melayang Perdana di Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)