Kamis, 17 Okt 2019 15:36 WIB

Di Habibie Festival, Orang-orang Bisa Jajal Pesawat R80

Agus Tri Haryanto - detikInet
Mencoba simulator pesawat R80 (detikINET/Agus Tri Haryanto) Mencoba simulator pesawat R80 (detikINET/Agus Tri Haryanto)
FOKUS BERITA Warisan Eyang Habibie
Jakarta - Orbit Habibie Festival kembali digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta selama 17-19 Oktober 2019. Di sini, pengunjung bisa tak hanya menyerap ilmu di bidang sains dan teknologi, tapi juga menjajal pesawat R80 layaknya seorang pilot sungguhan.

Diketahui, pesawat R80 merupakan salah satu dari berbagai macam maha karya warisan dari mendiang BJ Habibie. Status pesawat tersebut sedang dalam tahap pengembangan.

"Kita ada flight simulator dari Pesawat R80 (yang bisa dijajal pengunjung)," ujar Ketua Panitia Orbit Habibie Festival Haris Abdullah, Kamis (17/10/2019).


Berdasarkan pantauan detikINET, booth R80 memang banyak diminati, tak terkecuali dari para pelajar yang mendominasi status pengunjung di Orbit Habibie Festival. Mereka rela antre untuk merasakan pengalaman menerbangkan burung besi ciptaan BJ Habibie.

Ketika menjajal pesawat R80, pengunjung akan didampingi seorang teknisi yang berperan untuk memberitahu kalian bagaimana caranya tahap-tahap menerbangkan pesawat.

Selain R80, pengunjung juga dapat berswafoto dengan cockpit mokup dari pesawat N250, pesawat legendaris ciptaan BJ Habibie. Sekedar informasi, pesawat yang terbang perdana tahun 1995 itu melambungkan nama BJ Habibie dan juga nama Indonesia di kancah internasional.


pengunjung jajal pesawat R80. (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)Pengunjung jajal pesawat R80. (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)


Dengan keberadaan wahana-wahana tersebut, pihak penyelenggara ingin membuat persepsi kepada pengunjung bahwa event ini ditujukan sebagai tempat hiburan juga.

"Kenapa namakan festival bukan exhibition? Karena ada unsur hiburan," ungkapnya.

Orbit Habibie Festival di hari pertama lebih mengarah kepada pameran, lokakarya, program pelatihan, hingga diskusi.


Di hari kedua, ada founder Orbit Habibie Festival Ilham A Habibie, Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Co-founder and Chief Strategy Officer New Energy Nexus Hendrik Tiesinga, Co-founder Indonesia Education Forum Shoeb Kagda, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan membuka Orbit Habibie
Festival dengan memberikan opening speech.

Sedangkan, di hari ketiga, Orbit Habibie Festival akan mengenang BJ Habibie yang meninggal pada 11 September 2019 kemarin. Akan ada event bertema warisan Habibie di berbagai bidang.

(jsn/fay)
FOKUS BERITA Warisan Eyang Habibie