Minggu, 08 Sep 2019 12:43 WIB

Uber Berencana Bikin Pinjol untuk Driver

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Layanan ride sharing Uber punya ide membuat bisnis baru. Bisnis ini akan menyasar para driver yang menjadi mitranya untuk sebuah produk finansial semacam pinjaman online alias pinjol.

Dikutip dari Recode, Minggu (8/9/2019), Uber akan menawarkan pinjaman uang kepada para driver. Indikasi adanya rencana membuat sebuah produk finansial salah satunya terlihat dari upaya Uber yang baru-baru ini mengirimkan sebuah survei seputar keuangan dalam aplikasinya kepada sejumlah driver.



Layanan ini sepertinya didesain untuk membantu driver Uber saat mereka memerlukan dana segar. Dalam survei tersebut, ada sejumlah pertanyaan terkait dengan pinjaman, untuk kebutuhan apa pinjaman yang pernah dapatkan, dan apa keperluan di masa mendatang jika mereka mendapatkan pinjaman.

Pertanyaan dalam survei itu antara lain menanyakan apakah driver pernah mengambil pinjaman sekitar USD 1000 atau di bawahnya selama kurun waktu 3 tahun terakhir. Survei tersebut juga menanyakan berapa besaran pinjaman yang ingin mereka ajukan. Belum diketahui kapan layanan ini akan tersedia bagi driver. Uber sejauh ini tidak berkomentar terkait laporan tersebut.



Jika Uber benar merilis layanan ini, ini bukan pertama kalinya perusahaan yang didirikan Travis Kalanick tersebut meluncurkan produk pinjaman semacam ini. Sebelumnya Uber pernah menggelar program pinjaman tunai bagi para driver di California dan Michigan, namun mendapat kecaman dari badan pengawas konsumen yang menilai program ini punya kemiripan dengan pinjaman hari gajian.

Simak Video "Gara-gara Uber, Jalan Utama Madrid jadi 'Parkiran Dadakan'"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)