Selasa, 05 Des 2017 19:20 WIB

Peringatan Instagram: Jangan Selfie dengan Hewan Liar

Josina - detikInet
Foto: Carl Court/Getty Images Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta - Mulai sekarang ketika Anda ingin mencari atau mengunggah sebuah foto bertagar yang berkaitan dengan hewan liar seperti #koalaselfie, #lionselfie, #koalahugs atau #tigerpet, maka akan muncul sebuah pop up peringatan.

"Anda mencari tagar yang mungkin terkait dengan unggahan yang mendorong perilaku berbahaya pada hewan atau lingkungan," bunyi peringatan tersebut. Setelah itu pengguna bisa memutuskan untuk terus atau membatalkan niatnya.

Instagram Cegah Pengguna Selfie dengan Hewan LiarFoto: Screenshot


Dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (5/12/2017) ini merupakan salah satu bentuk perlindungan Instagram terhadap hewan-hewan liar. Mengingat karakter pengguna Instagram yang gemar traveling ke tempat wisata, salah satunya ke kebun binatang.

Tentu, foto dengan hewan tidak akan dilewatkan agar bisa diposting di Instagram. Namun meski terlihat biasa bahkan lucu, di balik foto mungkin adalah eksploitasi terhadap hewan. Karena bisa saja untuk foto bersama sang hewan liar dibius terlebih dahulu atau bisa menyebabkan mereka stres.

Dikutip Cnet dari National Geographic banyak hashtag yang digunakan oleh kebanyakan wisatawan sebagai salah satu upaya jual-beli hewan-hewan langka. Hal tersebut dilarang oleh Instagram

"Perlindungan dan keamanan dunia alami sangat penting bagi kita dan komunitas global kita," kata Instagram dalam pernyataannya.

"Kami mendorong setiap orang untuk memikirkan interaksi dengan hewan liar dan lingkungan untuk membantu menghindari eksploitasi dan melaporkan setiap foto dan video yang mungkin Anda lihat yang mungkin melanggar pedoman komunitas kami." tulis Instagram dalam Blog resminya.

Instagram pun bekerja sama dengan beberapa lembaga pecinta hewan seperti World Wildlife Fund, TRAFFIC dan World Animal Protection untuk menciptakan peringatan ini. (jsn/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed