Kamis, 26 Jan 2017 17:43 WIB

Perjuangan Startup Pemula Berburu Dana Segar

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Jakarta - Membangun startup memang tidak mudah, apalagi di tahap awal. Sama seperti perusahaan pemula pada umumnya atau dikenal dengan istilah startup, perusahaan Parkiran juga memulai bisnis dengan strategi bootstrap. Namun, tak dipungkiri jika Parkiran juga mengincar pendanaan dari venture capital.

Bagi yang masih asing dengan bootstrap, istilah ini merujuk pada pendanaan umum yang menggunakan dana pribadi untuk menjalan startup yang dirintisnya. Cara ini biasanya dilakukan bagi mereka yang tidak memiliki atau mungkin kurang akrab dengan investor.

Parkiran sendiri didirikan dengan jalan boostrap, setidaknya inilah yang diakui oleh sang pendiri, Hatta Afkar kepada detikINET. "Ya, kami masih bootstrap," tuturnya ketika ditemui di Tanamera Coffee, Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Berdiri sejak bulan Juli 2016 lalu, Parkiran kini memiliki karyawan sebanyak 12 orang. Dari pertengahan tahun 2016 lalu sampai awal tahun 2017 ini, Parkiran sudah menunjukkan kemajuan dengan merilis aplikasi mobile Parkiran.

Foto: Muhammad Alif Goenawan/detikINET

Aplikasi yang baru tersedia di perangkat Android ini memungkinkan penggunanya untuk mencari parkiran yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Selain memudahkan, tujuan Parkiran merilis aplikasi tak lain untuk membantu pemerintah meringankan kemacetan.

"Dengan adanya Parkiran, orang-orang bisa menaruh kendaraan pribadinya dan bertolak menggunakan angkutan pribadi. Aplikasi ini juga diharapkan bisa mengurangi parkir liar di pinggir jalan, seperti yang dilakukan ojek online," ungkap Hatta.

Dalam mengembangkan aplikasi Parkiran, termasuk pula menggaet mitra parkir, Hatta mengaku telah mengucurkan uang sedikitnya Rp 500 juta. Seperti yang dijelaskan di awal, uang ini merupakan dana pribadi, bukan dari investor.

"Ya, ke depannya kami berharap ada investro yang tertarik dengan peluang bisnis kami. Secepatnya kami ingin merapat dengan investor dan mendapatkan dana venture capital," pungkasnya. (mag/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed