Cara Dapat Set Top Box Gratis untuk Terima Siaran TV Digital

Cara Dapat Set Top Box Gratis untuk Terima Siaran TV Digital

Tim - detikInet
Sabtu, 23 Okt 2021 15:15 WIB
LAS VEGAS, NV - JANUARY 09: The DISH Hopper HD DVR system, including a pair of companion Joey set-top boxes, are displayed during a press event at The Venetian for the 2012 International Consumer Electronics Show (CES) January 9, 2012 in Las Vegas, Nevada. The unit comes with a 2 TB hard drive and can record up to six TV shows at once and can display up to four different shows in four different rooms in a home at the same time. CES, the worlds largest annual consumer technology trade show, runs from January 10-13 and is expected to feature 2,700 exhibitors showing off their latest products and services to about 140,000 attendees.   Ethan Miller/Getty Images/AFP (Photo by Ethan Miller / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)
Cara mendapatkan set top box (STB) TV digital gratis. Foto: Getty Images via AFP/ETHAN MILLER
Jakarta -

Perangkat televisi tabung ataupun LCD dapat menerima siaran TV digital, syaratnya menggunakan perangkat tambahan bernama set top box. Kabar baiknya pemerintah dan penyelenggara multipleksing (mux) akan membagikan set top box (STB) gratis TV digital.

Hanya saja tidak semua masyarakat mendapatkannya. Hanya mereka yang termasuk keluarga miskin yang bakal mendapatkan set top box secara cuma-cuma.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengestimasi ada 43 juta rumah tangga yang merupakan pengguna TV free to air. Kemudian, ada 37,7 juta set top box/TV digital yang dibutuhkan.

Untuk bantuan keluarga miskin, Kominfo menyebutkan sekitar 7 juta set top box gratis disalurkan. STB tersebut dibagikan bagi penerima manfaat yang sudah memiliki perangkat televisi, namun masih berupa TV analog.

Adapun 7 juta set top box gratis TV digital tersebut, 4 juta di antaranya bersumber dari penyelenggara mux dan 3 juta STB bersumber dari pemerintah.

Syarat untuk mendapat set top box gratis TV digital

  • WNI dengan KTP Elektronik
  • Rumah tangga miskin yang memiliki televisi, terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau data perangkat daerah bidang sosial
  • Lokasi rumah berada di cakupan siaran televisi yang akan terdampak ASO

Data keluarga miskin tersebut Kominfo peroleh dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial. Setelah data penerima bantuan tersebut sudah valid, pemerintah akan mendistribusikan set top box dari penyelenggara mux atau pemerintah.

Ada dua mekanisme pendistribusian set top box gratis bantuan pemerintah, yakni penerima manfaat mengambil di suatu tempat atau pengiriman set top box langsung ke penerima.

Cara Cek Wilayah yang ada Sinyal TV Digital:

1. Cek Perangkat Televisi

Untuk menikmati siaran TV digital, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat televisi kalian bukan TV analog yang bentuknya masih TV tabung. Selain itu, ciri lainnya TV digital ini sudah didukung DVB-T2.

Sebenarnya, TV analog bisa menangkap siaran TV digital dengan bantuan perangkat bernama Set Top Box. Bagi keluarga miskin, nanti pemerintah akan membagikannya secara gratis.

2. Cek Situs Kominfo

Tahap selanjutnya, kalian bisa mengecek wilayah yang ada siaran TV digital lewat browser, kunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Di halaman ini, kalian bisa melihat jangkauan siaran dan wilayah-wilayah yang sudah ada siaran TV digital.

3. Aplikasi SinyalTVDigital

Cara berikutnya menggunakan aplikasi SinyalTVDigital yang jauh lebih mudah. Aplikasi ini tak hanya membantu mengetahui apakah lokasi kalian sudah ada siaran TV digital, tetapi juga mengecek apakah sinyal TV digital lemah, jelek, bahkan hilang. Aplikasi ini sangat tepat digunakan sebelum memutuskan untuk membeli perangkat TV digital TV DVB-T2 atau STB DVB-T2. Caranya:

  • Download aplikasi sinyalTVdigital di Google Play Store
  • Buka aplikasi dan izinkan untuk mengakses lokasi kalian
  • Tampilan aplikasi akan berubah sesuai lokasi
  • Tap ikon layer atau kotak bertumpuk di kanan atas, dekat ikon zoom in dan zoom out
  • Cek warna yang muncul pada peta. Sinyal terkuat adalah merah, sedangkan sinyal lemah berwarna putih



Simak Video "Menuju Siaran TV Digital, Kominfo Siapkan 6,7 Juta STB Gratis "
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)