Trans7 Bagi-bagi Set Top Box Gratis TV Digital

Trans7 Bagi-bagi Set Top Box Gratis TV Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 18 Okt 2021 22:11 WIB
Set Top Box, perangkat bantuan TV analog untuk menangkap siaran TV digital.
Foto: Trans7
Jakarta -

Untuk memudahkan masyarakat menikmati siaran TV digital, PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh (Trans7) bagi-bagi 1.000 unit Set Top Box (STB) gratis.

Perangkat set top box gratis TV digital tersebut disalurkan kepada masyarakat di tiga kecamatan berbeda, yaitu Kecamatan Beji (Depok), Kecamatan Pancoran (Jakarta Selatan), dan Kecamatan Jatisampurna (Bekasi).

"Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendukung migrasi penyiaran TV analog ke siaran TV digital atau Analog Switch Off (ASO) di Indonesia pada 2 November 2022," ujar Trans7 dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/10/2021).

Dengan pembagian set top box gratis TV digital ini, maka masyarakat yang masih memiliki TV analog bisa menonton siaran TV digital tanpa harus mengganti perangkat televisi.

Set Top Box adalah alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital yang diterima dari satelit, kabel, ataupun internet ke dalam format analog agar dapat ditampilkan ke TV analog. STB juga sering disebut dekoder atau receiver.

Set Top Box, perangkat bantuan TV analog untuk menangkap siaran TV digital.Set Top Box, perangkat bantuan TV analog untuk menangkap siaran TV digital. Foto: Trans7

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menanta penyiaran dengan akan menghentikan siaran TV analog yang nantinya beralih ke siaran TV digital.

Semula rencana migrasi TV analog ke digital akan dilakukan pada 17 Agustus kemarin. Hanya saja, pandemi COVID-19 yang masih terjadi dan masukan dari publik, penghentian TV analog diundur jadi tahun depan.

Tahap 1 suntik mati TV analog dimulai 30 April 2022. Kemudian dilanjutkan Tahap 2 pada 31 Agustus 2022, dan terakhir Tahap 3 dilakukan pada 2 November 2022.

Meski dilakukan migrasi TV analog ke digital, masyarakat tetap mendapatkan siaran TV secara gratis. Bedanya dengan adanya siaran TV digital, masyarakat bisa menikmati gambar dengan kualitas terbaik tanpa 'semut', suara jernih, banyak saluran TV, ada fitur yang ramah keluarga, hingga untuk mendukung kebencanaan.



Simak Video "Migrasi TV Analog ke Digital Akan Dimulai April 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)