Samsung Galaxy Z Fold 3 Akan Dukung Stylus S Pen Pro

Samsung Galaxy Z Fold 3 Akan Dukung Stylus S Pen Pro

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 14 Jul 2021 09:50 WIB
Samsung Galaxy Z Fold 3
Galaxy Z Fold 3 Akan Dukung Stylus S Pen Pro Foto: dok 91Mobiles
Jakarta -

Samsung pertama kali mengenalkan stylus S Pen Pro saat peluncuran lini Galaxy S21 pada awal tahun 2021. Setelah lama ditunggu, stylus itu sepertinya akan meluncur tidak lama lagi dan akan mendukung Galaxy Z Fold 3.

Stylus S Pen Pro merupakan saudara S Pen dengan ukuran yang lebih besar dan konektivitas Bluetooth Low Energy (BLE). Dalam label yang ditemukan di dalam dokumen FCC, terungkap bahwa stylus ini akan mendukung Galaxy Z Flip 3 yang belum diluncurkan.

Tidak hanya Galaxy Z Fold 3, S Pen Pro akan kompatibel dengan semua ponsel, tablet dan laptop Galaxy yang mendukung S Pen. Tapi untuk fitur Air actions hanya mendukung perangkat tertentu yaitu:

- Galaxy Z Fold 3 5G

- Galaxy S21 Ultra 5G

- Note 20 Ultra/Note 20

- Note 10 Lite (kemungkinan Note 10 dan Note 10+ juga termasuk)

- Tab S7+/Tab S7/Tab S7 FE

- Tab S6

Dukungan S Pen Pro untuk Galaxy Z Fold 3 sebenarnya tidak mengejutkan mengingat Samsung telah beberapa kali mengindikasikan akan memberikan dukungan S Pen ke lebih banyak perangkat.

Dalam blog yang diterbitkan pada Desember 2020, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics TM Roh mengatakan perusahaan asal Korea Selatan tersebut akan membawa fitur Galaxy Note yang paling disukai ke perangkat lain. Walau tidak menyebutkan secara spesifik, sepertinya Roh merujuk pada stylus S Pen yang memang menjadi jagoan lini Galaxy Note.

Bocoran spesifikasi Galaxy Z Fold 3 juga mengungkap ponsel layar lipat ini akan mendukung stylus S Pen. Menariknya, render yang dibagikan oleh tipster Evan Blass menampilkan Galaxy Z Fold 3 dengan stylus 'S Pen Fold Edition' di sampingnya.

Mungkin, Samsung akan menyertakan stylus S Pen Fold Edition dalam paket penjualan Galaxy Z Fold 3, sedangkan S Pen Pro akan dijual terpisah, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (14/7/2021).

Mengingat dokumen FCC ini sudah tersedia untuk publik, kemungkinan S Pen Pro akan diluncurkan dalam waktu dekat. Samsung sendiri dikabarkan akan menggelar event Galaxy Unpacked pada 11 Agustus, jadi mungkin S Pen Pro akan diumumkan secara resmi di event itu.

Dalam event Galaxy Unpacked kali ini, Samsung diperkirakan akan meluncurkan dua ponsel layar lipat yaitu Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3, serta aksesoris wearable Galaxy Watch 4 dan Galaxy Buds 2.



Simak Video "Menggenggam Mewahnya Samsung Galaxy Z Fold3 5G!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)