15 HP Rp 1-3 Juta Terbaik 2020

15 HP Rp 1-3 Juta Terbaik 2020

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 31 Des 2020 09:01 WIB
Galaxy A01 Core
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Handphone entry level masih mendominasi pasar Indonesia. Sepanjang 2020, puluhan perangkat di segmen ini dirilis di Tanah Air.

Karenanya detikINET bukan mengumpulkan 10, tapi 15 HP kisaran Rp 1-3 juta terbaik yang diluncurkan tahun ini. Apa saja?

Redmi 9C

Redmi 9CRedmi 9C Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Redmi 9C hadir dalam layar IPS LCD berukuran 6,53 inch. Selain kapasitasnya besar 5.000 mAh, Xiaomi mengklaim ketahanan baterainya itu mencapai 4 tahun.

Xiaomi memodali Redmi 9C dengan chipset MediaTek Helio G35. Punya HyperEngine terbaru yang membuat pengalaman bermain game lebih lancar.

Vivo Y30i

Redmi 9CVivo Y30i Foto: Vivo

Vivo Y30i menggunakan Ultra O Screen sebesar 6,47 inci, dilengkapi desain kamera kecil untuk memberikan tampilan visual yang memukau. HP ini dirancang secara elegan dan halus hingga ke setiap detailnya.

Y30i tersemat tiga kamera yang terdiri 13MP Main Camera, 2MP Super Macro Camera, dan 2MP Super Bokeh Camera memberikan hasil foto dan video bagaikan profesional. Vivo turut menyematkan baterai 5.000 mAh yang mampu bertahan lama.

Selain itu ada Multi-Turbo 3.0 terbaru mengadopsi teknologi VPG (Vivo Process Guardian) pertama di industri, menggunakan Center Turbo untuk mengalokasikan sumber daya sistem inti demi kecepatan maksimum dan AI Turbo memberikan keputusan cerdas. Teknologi tersebut dapat memprediksi kelainan sistem disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga dan menyelesaikan masalah sebelum terjadi.

Oppo A53

Oppo A53Oppo A53 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Oppo A53 membawa banyak fitur yang jarang ditemukan di ponsel sekelasnya seperti display 90Hz dan desain punch-hole.

Dukungan baterai dengan kapasitas besar yang bisa awet seharian juga merupakan nilai plus. Fitur-fitur tambahan lainnya juga cukup lengkap muai dari sensor sidik jari yang responsif dan speaker stereo.

Performanya juga cukup sigap untuk multitasking dan berpindah-pindah aplikasi dengan cepat, cocok bagi yang sedang mencari ponsel Rp 2 jutaan untuk membantu anak belajar dari rumah.

Realme 6

Layar Realme 6 mengusung panel LCD berukuran 6,5 inch FullHD+ dengan refresh rate 90 Hz. Layarnya dilindungi oleh Gorilla Glass 3 dengan desain punch hole untuk kamera depannya.

Realme 6 dibekali dengan chipset gaming MediaTek Helio G90T. Ada empat kamera belakang yang disematkan yaitu kamera utama 64 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1, lensa ultra-wide 8 MP, lensa kamera makro 2 MP dan lensa portrait B&W 2 MP. Untuk selfie disediakan kamera depan 16 MP.

Realme 6 dan Realme 6 ProRealme 6 Foto: Realme

Galaxy A01 Core

Galaxy A01 CoreGalaxy A01 Core Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Galaxy A01 Core menjadi ponsel Samsung terlaris tahun ini di Indonesia. HP Android Go harga Rp 1 juta mengusung layar 5,3 inch yang ditenagai MediaTek MT6739.

Punya kamera depan 5 MP dan kamera belakang 8 MP. Tersemat baterai berkapasitas 3.000 mAh. Menjadikan Galaxy A01 Core pilihan untuk belajar online.

Oppo A15

Oppo A15 menyajikan ketebalan 7.9 mm dan teknologi 3D curved body, membuatnya nyaman digenggam dalam satu tangan. HP ini memiliki layar berukuran 6,52 inch dengan resolusi HD+.

Tiga kamera disematkan di bagian belakangnya. Kamera utamanya 13 MP bersanding dengan kamera makro 2 MP dan depth 2 MP.

Dengan mengkombinasikan fitur Dazzle Color dan AI Scene Recognition, Oppo A15 menawarkan fitur baru AI Scene Enhancement yang membuat kamera dapat lebih pintar mengenali objek dengan melakukan optimasi pada 21 adegan berbeda.

Oppo A15Oppo A15 Foto: Oppo

Redmi 9

Redmi 9 hadir dalam bentangan 6,53 inch. Resolusinya 2340 x 1080 pixel dengan tingkat kecerahan 400 nit. Ponsel ini mengantongi TUV Rheinland untuk kenyamanan mata dan membawa Dark Mode. Agar melindungi dari goresan disematkan kaca Gorilla Glass 3.

Bagian belakang terdapat empat kamera. Sensor utamanya berukuran 13 MP dengan aperture f/2.2. Xiaomi turut menyematkan kamera ultrawide 8 MP yang punya sudut pandang hingga 118 derajat. Selain itu ada kamera makro 5 MP dan depth sensor 2 MP.

Baterai turut diunggulkan ponsel ini. Tersemat di dalamnya baterai berkapasitas 5.020 mAh yang mendukung pengisian cepat 18W.

Redmi 9Redmi 9 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Vivo Y12s

Vivo Y12s mengusung layar lega berukuran 6,51 inch dengan resolusi HD+. Tersemat dua kamera di bagian belakangnya dengan konfigurasi 13 MP dan 2 MP.

HP baru ini ditenagai chipset MediaTek Helio P35 octa-core yang dipadukan dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Tidak ketinggalan baterai berkapasitas 5.000 mAh turut disematkan di bagian belakangnya.

Redmi 9Vivo Y12s Foto: vivo

Galaxy M21

Galaxy M21, mengusung baterai 6.000 mAh. Dengan baterai berkapasitas begitu besar, ponsel ini mampu digunakan selama 29 jam untuk memutar video klip, 49 jam panggilan telepon dan 131 jam pemutar musik.

Bukan hanya baterai berkapasitas jumbo saja jadi keunggulan ponsel ini, melainkan juga terdapat tiga kamera yang dipasang di bagian belakang turut pula jadi andalan Samsung di smartphone terbarunya ini..

Kamera utamanya berukuran 48 MP yang didukung AI yang mampu mengenali dan mengoptimalkan pengaturan kamera sesuai dengan objek yang diambil. Berpadu dengan lensa ultrawide 8 MP dan sensor depth 5 MP.

Galaxy M21Galaxy M21 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Advan G9 Pro

Advan G9 Pro dibekali RAM 6GB, peningkatan kapasitas RAM tersebut juga diikuti oleh ROM yang turut ditambahkan menjadi 64GB dan bisa ditambah menggunakan MicroSD hingga 128GB.

Kapasitas baterai, ponsel ini dipastikan sangat awet karena memiliki daya 5.200mAh. Baterai kapasitas jumbo ini mampu bertahan selama 375 jam stand by atau 6,25 jam nonton HD movie, sehingga pengguna bisa menikmati hiburan dari pagi sampai malam tanpa takut bolak balik charge ponsel.

Advan G9 Pro memiliki kamera depan 8MP dan kamera belakang 16MP main camera + 0,3MP effect beauty + 0,3MP lensa AI + 0,3MP lensa bokeh. Kamera ini bisa digunakan untuk normal shot, bokeh shot, hingga filtered shot.

Advan G9 ProAdvan G9 Pro Foto: dok. Advan G9 Pro

Realme C12

Realme C12 membawa baterai besar 6.000 mAh dan dibanderol Rp 1 jutaan. Diklaim punya waktu standby hingga 57 hari. Namun bila digunakan untuk main Mobile Legend bisa habis 9 jam, nonton YouTube 28 jam dan dengar Spotify hingga 60 jam.

Tersedia fitur Super Power Saving Mode yang bila diaktifkan akan melakukan penghematan daya baterai yang lebih panjang. Namun hanya menjalankan enam aplikasi yang paling banyak digunakan.

Realme C12Realme C12 Foto: Realme

Infinix Note 8

Infinix Note 8 dimodali chipset Helio G80 yang menawarkan peningkatan performa dibandingkan pendahulunya. Diracik dengan RAM 6 GB, ia menyuguhkan performa lancar sehingga diklaim cocok untuk para pecinta game mobile.

Untuk memaksimalkan bermain game, dihadirkan layar lapang berukuran 6,95 inch HD+ menggunakan panel IPS LCD yang terlindungi kaca Gorilla Glass.

Tidak kalah penting, Infinix Note 8 juga memiliki daya baterai hingga 5.200 mAh untuk bermain game yang lebih lama tanpa harus khawatir baterai cepat habis di tengah permainan. Dual Speaker juga hadir sebagai pelengkap pengalaman gaming yang lebih seru dan lebih nyata.

Infinix Note 8Infinix Note 8 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Galaxy A21s

Galaxy A21s membawa sedikit peningkatan dibanding pendahulunya. Kamera yang diunggulkan ponsel ini memang bisa diandalkan untuk memotret dengan kondisi cahaya melimpah.

Layarnya bikin lapang mata memandang. Baterainya pun berkapasitas besar dan irit sehingga tidak bolak-balik isi ulang. Tentu saja memori internalnya pun lega untuk menyimpan berbagai foto atau dokumen keperluan sekolah, kuliah ataupun bisnis.

Galaxy A21sGalaxy A21s Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Realme Narzo 20

Realme Narzo 20 ditujukan bagi para pecinta mobile gaming di Indonesia. ponsel ini ditenagai prosesor Helio G85 yang menjadi modal cukup untuk bermain game mobile saat ini. Pengalaman main game juga lebih lancar dengan RAM sebesar 4GB plus ruang penyimpanan internal sebesar 64 GB.

Performa ngebut tersebut juga dipadankan dengan baterai monster sebesar 6.000 mAh dengan fitur 18W Quick Charge. Baterainya diklaim bisa memberikan daya siaga selama 45 hari. Bahkan dalam pemakaian yang wajar, Realme Narzo 20 mampu bertahan hingga 2 hari.

Realme NarzoRealme Narzo Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Nokia C3

Nokia C3 mengusung tampilan yang kokoh. Dengan material polikarbonat yang tahan lama dan kuat, hape ini mampu menahan benturan dalam pemakaian sehari-hari.

Layar Nokia C3 mengusung ukuran 5,99 inch dengan resolusi HD+. Memodali Nokia C3 dengan chipset octa core dengan RAM 2 GB. Sementara memori internalnya berkapasitas 16 GB, kalau kurang tersedia slot microSD yang mendukung 128 GB.

Nokia C3 hanya punya dua kamera, satu berada di depan, sisanya di belakang. Kamera depan berukuran 5 MP, sementara kamera bagian belakang 8MP.

Pun begitu HMD Global masih menyertakan port jack audio 3,5 mm. Fitur lain yang melengkapi Bluetooth 4.2, dual nano SIM card, FM Radio dan tombol khusus untuk mengakses Google Assistant.

Nokia C3Nokia C3 Foto: HMD Global
(afr/afr)