Apple 'Time Flies', Dari Apple Watch Murah Sampai iPad Air Baru

Apple 'Time Flies', Dari Apple Watch Murah Sampai iPad Air Baru

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 17 Sep 2020 15:07 WIB
iPad Air 2020
Foto: Apple
Jakarta -

Apple mengadakan acara pertamanya di pertengahan kedua 2020 yang diberi nama Time Flies. Di acara tersebut, Apple merilis sejumlah produk baru dari mulai Apple Watch Murah sampai iPad Air baru.

Dihimpun detikINET, Kamis (17/9/2020) inilah semua perangkat keren yang diluncurkan Apple:

1. Apple Watch Series 6

Produk pertama yang dirilis Apple adalah Apple Watch baru, yaitu Series 6 dengan fitur utama pengukur kadar oksigen dalam darah atau lazim disebut spo2. Tak cuma itu, Apple memamerkan otak baru untuk Series 6, yaitu chip bernama S6 dual core yang diklaim berbasis pada A13 Bionic.

Apple WatchApple Watch Foto: Apple

Layar Series 6 diklaim bisa 2,5 kali lebih terang di luar ruangan dibanding sebelumnya, dan juga dilengkapi altimeter (pengukur ketinggian) yang selalu aktif. Ada beberapa pilihan warna yang tersedia, yaitu biru, emas, abu-abu, dan merah.

Apple pun menyediakan strap gaya baru untuk Series 6 yang disebut sebagai Solo Loop, yang merupakan strap berbahan silikon tanpa pengait. Apple Watch Series 6 dijual dengan harga mulai USD 399 untuk varian GPS dan tersedia mulai Jumat mendatang di beberapa negara.

2. Apple Watch SE

Selain Series 6, Apple juga merilis Apple Watch SE dengan harga lebih murah. Fiturnya sebagain besar sama seperti Series 6 seperti akselerometer, giroskop, altimeter serta fall detection namun tanpa pengukur kadar oksigen dalam darah.

'Otak' yang dipakai adalah S5, sama seperti yang dipakai di Series 5 keluaran 2019, meski layarnya tak always-on seperti di Series 5 dan Series 6. Namun harga yang ditawarkan jauh lebih murah meski bukan Apple Watch termurah, yaitu mulai USD 279. Apple Watch termurah untuk saat ini adalah Series 3 yang harganya mulai USD 199.

Apple juga mengumumkan kalau mereka tak lagi menyertakan charger USB dalam paket penjualan Apple Watch, yang dilakukan untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan akibat banyaknya sampah elektronik.

3. Apple Watch untuk keluarga

Jika sebelumnya Apple Watch harus dipasangkan dengan perangkat, iPhone contohnya, kini Apple menyediakan Family Setup yang membuat beberapa Apple Watch bisa dipasangkan sekaligus ke satu iPhone, meski hanya kompatibel dengan Series 4 ke atas dengan varian seluler.

Dengan Family Setup, satu iPhone bisa dipakai untuk mengontrol beberapa Apple Watch sekaligus, termasuk melakukan pemantauan. Contoh kasus penggunaan Family Setup ini adalah untuk anak kecil dan lansia.

iPad baru yang milik iPad Pro ada di halaman selanjutnya