Selasa, 19 Sep 2017 09:14 WIB

Google Punya Pembayaran Online Sendiri, Namanya Tez

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Google Tez. Foto: istimewa Google Tez. Foto: istimewa
Jakarta - Setelah sejumlah spekulasi dan bocoran terus bermunculan selama beberapa minggu terakhir, akhirnya Google resmi merilis Tez, sebuah aplikasi penyedia layanan online payment.

Namun, seperti dilansir detikINET dari TechCrunch pada Selasa (19/9/2017), Tez awalnya hanya akan beroperasi di India. Menyusul setelahnya negara-negara ASEAN, seperti Indonesia dan Filipina.

Aplikasi ini dapat menghubungkan smartphone dengan rekening bank pengguna untuk melakukan sejumlah pembayaran, seperti pembelian di toko, ecommerce, hingga transfer antar bank menggunakan fitur Cash Mode.

Meski demikian pengguna tak harus menyimpan uang dalam aplikasi dan perlu melakukan top up, seperti kebanyakan aplikasi pembayaran online.

Tez akan hadir pada smartphone berbasis Android dan iOS. Nantinya, pihak Google akan bekerja sama dengan bank-bank di India melalui Unified Payment Interface (UPI), sebuah sistem pembayaran yang diusung pemerintah setempat untuk mendorong integrasi pelayanan bank.

Beberapa bank yang telah bekerja sama diantaranya adalah Axis, HDFC Bank, ICICI dan State Bank of India. Kemudian, beberapa merchant yang telah menerima pembayaran daring ini antara lain Domino's Pizza, RedBus, dan Jet Airways.

Selain itu, untuk mendekatkan diri dengan pasar di India, aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai bahasa, seperti Hindi, Bengali, Gujarati, Kannada, Marathi, Tamil, Telugu, dan tentu saja Bahasa Inggris.

Tez membatasi jumlah nominal untuk transaksi transfer dalam satu hari adalah 1 Juta Rupee. Sedangkan jumlah kegiatan transfer yang dilakukan dibatasi sebanyak 20 kali dalam sehari.

Selain meluncurkan produknya di India, Google juga dikabarkan telah mendaftarkan merk dagang Tez di negara-negara ASEAN, yaitu Indonesia dan Filipina. Hal tersebut tentu terihat sebagai usaha Google untuk melebarkan sayap bisnisnya ini ke pasar yang lebih luas.

(yud/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed