Mengenal Kalikan, Startup Marketplace Ikan Hias Air Tawar

Mengenal Kalikan, Startup Marketplace Ikan Hias Air Tawar

ADVERTISEMENT

Mengenal Kalikan, Startup Marketplace Ikan Hias Air Tawar

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 09 Okt 2022 14:15 WIB
ikan hias air tawar
Mengenal Kalikan, Startup Marketplace Ikan Hias Air Tawar. Foto: Istimewa
Jakarta -

Industri ikan hias air tawar mempunyai potensi menggiurkan yang mendatangkan cuan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Geliat bisnis itu yang kini tengah digenjot oleh perusahaan rintisan (startup) bernama Kalikan.

Kalikan merupakan marketplace yang dibentuk karena melihat ada potensi ekonomi kerakayatan pada ikan hias tawar. Pasar global industri ikan hias makin melejit yang kini bernilai USD 13,17 miliar atau Rp 200 triliun lebih pada 2020. Diperkirakan ada delapan juta rumah di Indonesia yang memelihara ikan hias.

Peluang itu yang didorong oleh Kalikan saat ini agar pelaku UMKM dapat mengekspor ikan hias air tawar melalui marketplace buatannya.

"Kita sedang hidup di peradaban internet. Zaman internet telah membuktikan keberhasilan terobosan konsep ekonomi berbagai ketimbang ekonomi berbasis kepemilikan. UMKM yang kecil, namun banyak bersatu dalam naungan marketplace bernama Kalikan yang akan mendorong pertumbuhan inklusif ekonomi Indonesia, ujar CEO Kalikan Dian Rachmawan dalam keterangan tertulis diterima detikINET, Minggu (9/10/2022).

Kalikan hanya berhubungan dengan ikan hias air tawar yang mana itu ikan sungai atau danau saja, tidak dengan jenis ikan air laut.

Disampaikan Dian, Kalikan ini kumpulan toko digital dari semua pelaku UMKM yang tergabung Asosiasi Pengusaha Ikan Hias Air Tawar (APIHATI). Setiap toko ini dapat dengan mudah dibuat dan dikelola oleh penjual untuk ditawarkan kepada para pembeli.

Adapun pemilik toko juga bisa menambahkan informasi akan produknya dalam bentuk multimedia (teks, audio, video, gambar) agar menarik perhatian calon pembeli dan importer yang akan mencari dan membeli ikan hias air tawar. Terdapat juga, rating dan review yang dapat disediakan oleh customer sebagai respon guna peningkatan mutu marketplace.

Sementara itu, khusus pengiriman ekspor, startup Kalikan ini bekerjasama dengan mitra logistik yang kompeten guna memastikan pengiriman ikan hias air tawar tersebut tetap aman dan cepat sampai ke tangan konsumen.

CEO startup Kalikan dan Menkop UKM Teten Masduki dalam pengembangan potensi bisnis industri ikan hias air tawar oleh pelaku UMKM.CEO startup Kalikan dan Menkop UKM Teten Masduki dalam pengembangan potensi bisnis industri ikan hias air tawar oleh pelaku UMKM. Foto: Kalikan

Untuk mengembangkan industri ikan hias tawar, startup Kalikan menjalin kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengadakan pameran selama tiga hari penuh bertajuk Kalikan Expo 2022 sejak 14 Oktober 2022. Pameran ini diikuti oleh 200 pelaku UMKM itu didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Di samping sebagai event pameran ikan hias dan aquascape juga digelar kontes dan ekshibisi ikan primadona seperti Channa, Cichild, Louhan, Betta, Arwana, Koi, Discus dan Goldfish.

"Ekonomi ikan hias ini adalah ekonomi kerakyatan, mampu memberikan lapangan kerja yang masif mulai dari petani, penjual sampai tukang pembersih akuarium, membangunkan lahan-lahan tidur yang tidak produktif, menciptakan usaha-usaha turunan seperti pakan ulat, jangkrik, akuascape, tanaman hias, kerajinan akuarium," pungkasnya.



Simak Video "Di Balik Badai PHK Bisnis Startup"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT