CEO Bukalapak Blak-blakan Soal Dana Segar dari Microsoft

CEO Bukalapak Blak-blakan Soal Dana Segar dari Microsoft

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 03 Nov 2020 18:27 WIB
Microsoft tanam investasi ke startup ecommerce Bukalapak
Foto: Microsoft
Jakarta -

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin blak-blakan terkait investasi yang diterimanya dari Microsoft.

Mengawali kerja sama kedua perusahaan ini, Bukalapak akan mengadopsi Microsfot Azure sebagai platform cloud dan Microsfot akan melakukan investasi strategis di startup e-Commerce ini. Harapannya, kemitraan ini bisa membentuk kembali bagaimana e-Commerce seharusnya berjalan di Indonesia.

Kemitraan ini juga akan memanfaatkan keahlian Microsoft dalam membangun infrastruktur cloud untuk mendukung layanan Bukalapak kepada lebih dari 12 juta Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan 100 juta pelanggan.

Sayangnya, terkait kabar suntikan dana segar USD 100 juta atau setara Rp 1,4 triliun, belum ada tanggapan resmi dari kedua belah pihak.

"Kemitraan ini menandakan kolaborasi yang mendalam dengan Microsoft dalam serangkaian proyek teknologi yang akan mengubah solusi perdagangan berbasis teknologi serta solusi operasi dan operasi di Indonesia," ujar Rachmat dalam keterangan di blog Microsoft, Selasa (3/11/2020).

"Sebagai pemimpin teknologi global, kepercayaan Microsoft dengan Bukalapak menunjukkan posisi kami sebagai pemain teknologi lokal terkemuka di Indonesia dan tujuan berkelanjutan kami untuk menciptakan dampak positif bagi negara dan pelanggan kami," sambungnya.

Melalui kemitraan ini, Bukalapak dan Microsoft akan berkolaborasi dalam inisiatif utama termasuk:

  • Membangun infrastruktur yang tangguh - Bukalapak akan mengadopsi Microsoft Azure sebagai platform cloud pilihannya untuk mendukung lebih dari 6 juta pedagang online, 6 juta pedagang offline, dan 100 juta pelanggan.
  • Menjembatani kesenjangan digital - Perusahaan akan mencari peluang untuk membantu menjadikan dunia digital relevan bagi setiap individu setiap hari.
  • Skilling - Memberikan pelatihan keterampilan digital untuk karyawan Bukalapak dan merchant mereka.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee mengungkapkan, Bukalapak dan layanannya dinilai telah memberikan dampak nyata kepada Indonesia. Begitu juga pola pikir inovasi Bukalapak di pasar, dipandang Microsoft, dengan cepat akan menciptakan peluang baru bagi pedagang, bisnis, dan konsumen.

"Kami sangat bersemangat untuk memberdayakan Bukalapak dengan cloud tepercaya, yang memungkinkan mereka meningkatkan pengalaman pelanggan mereka di Microsoft Azure. Melalui kerja sama ini, merchant dan konsumen akan mendapatkan pengalaman jual beli yang lebih efisien dan andal, yang pada akhirnya menciptakan ketahanan bisnis dan membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia," pungkasnya.



Simak Video "Microsoft Akan Genjot Bukalapak Rp 1,46 T"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)