BERITA TERBARU
Jumat, 06 Okt 2017 09:14 WIB

Kominfo Ingin Indonesia Punya Lima Startup Unicorn di 2019

Agus Tri Haryanto - detikInet
Menkominfo Rudiantara. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Menkominfo Rudiantara. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Sejauh ini baru tercatat ada tiga startup Indonesia yang masuk dalam kategori unicorn. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan dapat menambah jadi lima startup unicorn pada 2019.

Untuk diketahui, startup unicorn sendiri merupakan istilah untuk perusahaan rintisan yang pada akhirnya memiliki valuasi lebih dari USD 1 miliar. Kominfo menyebutkan startup unicorn Indonesia yang sudah ada, yaitu Go-Jek, Traveloka dan Tokopedia.

"Target kami saat ini ingin memiliki lima Unicorn hingga 2019, dan kami mengharapkan dua Unicorn akan datang melengkapi 3 Unicorn yg sudah ada di Indonesia," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat video conference dengan para Venture Capitalist (VC) Amerika Serikat.

Dengan satu dan lain hal, Menkominfo urung terbang ke Silicon Valley, Amerika Serikat, untuk bertemu dengan para VC tersebut, usai kegiatannya di ITU Telecom World 2017 di Busan, Korea Selatan. Usai melawat ke negeri Gingseng, Menkominfo kembali ke Indonesia.

Lis Sutjiati (Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang PMO & Digital Economy), David Rimbo (Tim Asistensi Menkominfo untuk Inisiatif Strategis Ekonomi Digital), dan Rudy Ramawy (Tim Asistensi Menkominfo untuk Inisiatif Strategis Ekonomi Digital) adalah perwakilan Kominfo yang ke Silicon Valley. Sedangkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berinteraksi melalui video conference karena posisi ada di Jakarta.

"Jika Anda datang ke jakarta, saya akan mengajak Anda sarapan atau makan malam bersama. Saya juga ingin memberikan penekanan bahwa Indonesia saat ini menjadi driver-nya ASEAN dan core-nya ASEAN. Dengan pertumbuhan ekonomi yang tumbuh bagus serta kondisi kestabilan bagus, Indonesia adalah masa depan investasi dunia," tutur Rudiantara.

Ia pun mengkisahkan sekitar dua tahun lalu, kunjungan bersama Presiden Joko Widodo ke San Francisco yang ketika itu belum memiliki startup unicorn. "Namun sekarang sudah ada setidaknya 2 unicorn dan beberapa menuju unicorn," tambahnya.

Pria yang disapa Chief RA ini mengajak kepada para VC negeri Paman Sam untuk menanam investasi di Indonesia.

"Saya berharap Anda dapat memberikan kabar baik tentang Indonesia kepada rekan-rekan Anda yang lain agar mereka bisa berinvestasi di negara kami ini. Hal ini merupakan waktu yang tepat untuk berinvestasi startup di Indonesia. Pemerintah Indonesia menindaklanjuti e-Commerce dan digital ekonomi dengan serius," tuturnya.

(yud/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..