Telkomsel Masih Operator Terbaik di Desember 2021, Tapi...

Telkomsel Masih Operator Terbaik di Desember 2021, Tapi...

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 08 Des 2021 08:00 WIB
Cropped image of happy girl using smartphone device while chilling at home
Foto: Getty Images/iStockphoto/Inside Creative House
Jakarta -

OpenSignal kembali merilis Laporan Pengalaman Jaringan Seluler untuk wilayah Indonesia. Telkomsel masih menjadi operator terbaik hingga Desember 2021 lantaran unggul di banyak kategori.

Seperti sebelumnya riset ini membagi penilaian berdasarkan tujuh kategori, yakni pengalaman video, game seluler, aplikasi suara, kecepatan download dan upload, serta ketersediaan dan cakupan 4G.

Kendati unggul di empat kategori, Telkomsel tidak boleh berpuas diri. Sebab posisi operator yang identik berwarna merah itu sejatinya terancam di sejumlah kategori lantaran rivalnya hampir menyamai.

OpenSignalOpenSignal Foto: OpenSignal

Pengalaman Video

OpenSignal menilai kecepatan streaming video dari perangkat pengguna. Video yang diuji mencakup perpaduan resolusi dan di-streaming langsung disiarkan sebagai live streaming dari penyedia konten video terbesar di dunia. Pengukuran pengalaman video keseluruhan untuk setiap operator pada skala 0 hingga 100.

Telkomsel meraih kemenangan mutlak dalam Pengalaman Video untuk keenam kalinya berturut-turut; skornya kali ini adalah 62,4 poin pada skala 100 poin. Unggul 3,4 poin dari Indosat yang berada di posisi kedua dengan nilai 58,9.

OpenSignalPengalaman Video Foto: OpenSignal

Pengalaman Game Seluler

3 Indonesia sebagai satu-satunya operator yang memenangkan penghargaan Pengalaman Game sejak OpenSignal memperkenalkannya pada bulan Juli 2020. Namun, sejak laporan terakhir tercatat penurunan tipis 1,2 poin pada operator 3 Indonesia, sedangkan Telkomsel yang berada di peringkat kedua tumbuh 4 poin.

Hasilnya, hanya ada sedikit jarak antara dua operator dalam Pengalaman Game yaitu sekitar setengahnya - dari 11,7 poin (20,4%) menjadi 6,6 poin (10,6%). Sementara itu, Smartfren mengalami peningkatan paling tinggi sebesar 8,7 poin.

OpenSignalPengalaman Game Foto: OpenSignal

Pengalaman Aplikasi Suara

Operator 3 Indonesia tetap menjadi pemenang mutlak dari penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara. Pada saat yang sama, persaingan semakin ketat karena pengguna melihat peningkatan dalam kualitas pengalaman menggunakan aplikasi suara over-the-top (OTT) di sebagian besar jaringan.

Salah satunya Telkomsel yang hanya berjarak satu poin untuk melampaui 3 Indonesia dalam meraih posisi teratas pada Pengalaman Aplikasi Suara.

OpenSignalOpenSignal Foto: OpenSignal

Pengalaman Kecepatan Download

Telkomsel memenangkan penghargaan Download Speed Experience OpenSignal dengan skor 16,3 Mbps. Namun rival terdekatnya, XL, memepet dengan selisih hanya 0,8 Mbps.

XL mengalami peningkatan terbesar 2,9 Mbps (secara absolut) sejak laporan terakhir, diikuti Telkomsel (2,8 Mbps). Sementara Smartfren dan Indosat terpantau ikutan meningkat, masing-masing sebesar 2,6 Mbps dan 1,2 Mbps. Hanya 3 Indonesia kecepatan unduhnya turun sedikit, yakni 0,2, ke 10,9 Mbps.

OpenSignalOpenSignal Foto: OpenSignal

Selanjutnya Kecepatan Upload dan Ketersediaan 4G



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]