Riset: Internet 4G Telkomsel di 40 Kota Makin Kencang

Riset: Internet 4G Telkomsel di 40 Kota Makin Kencang

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 01 Okt 2021 21:30 WIB
Sebagai upaya untuk memperkuat ekosistem 5G, Telkomsel memperluas layanan Voice over LTE alias VoLTE yang kini sudah hadir di 219 kota Indonesia.
Riset: Internet 4G Telkomsel di 40 Kota Makin Kencang. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Hasil riset OpenSignal memperlihatkan bahwa kecepatan internet download 4G Telkomsel makin kencang daripada sebelumnya.

Melesatnya koneksi internet Telkomsel tersebut tak terlepas telah dilakukannya refarming 3G di pita frekuensi 2.100 MHz. Kemudian, Telkomsel meningkatkan kapasitas 4G yang akhirnya bikin internet operator seluler tersebut melesat.

Itu merupakan salah satu temuan hasil OpenSignal menganalisa bagaimana operator seluler RI menggunakan spektrum 3G guna mempercepat 4G dan implementasi layanan 5G di masa mendatang.

Hasil riset OpenSignal mengungkapkan kecepatan internet download 4G Telkomsel makin kencang dari sebelumnya.Hasil riset OpenSignal mengungkapkan kecepatan internet download 4G Telkomsel makin kencang dari sebelumnya. Foto: OpenSignal

"Dalam analisis ini, kami telah melihat penggunaan spektrum Telkomsel untuk memahami pendekatannya dan dampaknya terhadap pengalaman seluler para pelanggan," ujar OpenSignal dalam keterangannya.

Menurut OpenSignal, dulunya Telkomsel mengandalkan tiga saluran downlink 5 MHz pada Band 1 (2.100 MHz) untuk menyediakan layanan 3G di 40 kota terbesar di Indonesia. Tetapi, dalam delapan terakhir, Telkomsel memanfaatkan Band 1 itu untuk meningkatkan kapasitas 4G-nya.

Pada awal tahun, OpenSignal mengamati dua dari tiga saluran downlink 5 MHz dari 3G ke 4G di 10 kota, yaitu Bandung, Tangerang, Sukabumi, Malang, Semarang, Surakarta, Palembang, Denpasar, Mataram, dan Yogyakarta.

Di akhir Agustus, operator mengonfigurasi ulang 10 MHz (2x5 MHz) di 35 di 40 kota, di antaranya Jakarta, Balikpapan, Tasikmalaya, Ambon, hingga Jayapura.

"Medan, Makassar, Palangkaraya, Tarakan dan Gorontalo menjadi pengecualian, di mana operator tetap menggunakan spektrum 15 MHz pada 2.100 MHz untuk layanan 3G," kata OpenSignal dalam laporannya.

Hasil riset OpenSignal mengungkapkan kecepatan internet download 4G Telkomsel makin kencang dari sebelumnya.Hasil riset OpenSignal mengungkapkan kecepatan internet download 4G Telkomsel makin kencang dari sebelumnya. Foto: OpenSignal

Hasilnya, ada perubahan pengalaman seluler pengguna antara Januari dan Agustus di 40 kota yang mengalami peningkatan kecepatan download rata-rata sebesar 16,8% menjadi 21,6 Mbps pada Agustus ini yang sebelumnya 18,5 Mbps saja.

Sedangkan, kecepatan download 3G tidak ada perubahan pada periode Januari dan Agustus 2021. Itu artinya bahwa alokasi 5 MHz yang dilakukan Telkomsel pada spektrum Band 1 sudah cukup untuk para pengguna di jaringan 3G.

Sementara itu, di pita frekuensi 2.300 MHz Telkomsel juga sudah merampungkan refarming bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Smartfren yang sama-sama sebagai pemenang lelang frekuensi.

Total di 2.300 MHz, Telkomsel kini memiliki lebar pita 50 MHz. Direktur Network Telkomsel Nugroho mengungkapkan dengan telah berdampingnya blok spektrum, Telkomsel akan meningkatn kapasitas dan juga kualitas layanan internet miliknya.

"Setelah kita memiliki tambahan spektrum kemudian ditata ulang yang kemudian jadi berdampingan, kecepatan internet download bisa meningkat hingga 1 Gbps," pungkas Nugroho



Simak Video "Ngobrol Santai Kualitas Internet Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)