Seberapa Siap Frekuensi 5G di Indonesia? Ini Bocorannya

Dunia Diselimuti 5G

Seberapa Siap Frekuensi 5G di Indonesia? Ini Bocorannya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 11 Okt 2020 17:00 WIB
Lelang Lisensi 5G, Pemerintah Jerman Raup 6,5 Miliar Euro
Ilustrasi 5G. Foto: DW (News)
Jakarta -

Operator seluler Indonesia telah melakukan uji coba teknologi 5G, bahkan sejak 2018. Lalu, bagaimana dengan spektrum frekuensi yang ibaratnya sebagai jalan tol bagi 5G ini?

Pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) belum menentukan spektrum frekuensi yang akan digunakan untuk menggelar layanan 5G. Meskipun, operator seluler telah melakukan serangkaian uji coba teknologi tersebut dan di saat bersamaan negara lain telah mengimplementasikannya.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Kominfo Ismail menjelaskan bahwa untuk menggelar layanan 5G di Indonesia itu harus di waktu yang tepat dan teknologi seluler jaringan keenam itu memang sudah dibutuhkan.

"5G harus lengkap agar kita bisa menempatkan band yang maksimal dari layanan 5G, maka idealnya seluruh 5G ini memiliki spektrum frekuensi 5G, baik itu coverage layer (low band), capacity layer (middle band), dan super daya layer (high band)," jelasnya beberapa waktu lalu dalam diskusi online.

"Tiap layer ini punya masalah di Indonesia, sehingga perlu kami selesaikan terlebih dahulu agar jumlah spektrum frekuensi yang tersedia itu cukup memadai untuk menjadi operator ideal dalam menjalankan 5G," ucap Ismail menambahkan.

Ismail kemudian memaparkan, untuk isu di low band, pemerintah tengah berupaya menyelesaikan persoalan di band ini, yakni 700 MHz. Di frekuensi tersebut untuk saat ini digunakan untuk penyiaran.

"Mudah-mudahan kita bisa selesaikan dalam dekat ini setelah Undang-Undang Cipta Kerja ditetapkan, maka coverage layer 700 MHz yang terkait digital dividen pindah dari TV analog ke TV digital itu bisa ditetapkan waktunya, sehingga frekuensi tersebut dapat bisa dirilis segera," kata Dirjen SDPPI.