Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud, Kamu Sudah Dapat atau Belum?

Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud, Kamu Sudah Dapat atau Belum?

Rosmha Widiyani - detikInet
Rabu, 23 Sep 2020 15:10 WIB
Masjid At-Taqwa di Kabupaten Magelang ramai didatangi anak-anak hingga mahasiswa. Mereka datang untuk belajar online dengan manfaatkan WiFi gratis di masjid itu
Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud, Kamu Sudah Dapat atau Belum? (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai menyalurkan bantuan kuota belajar untuk siswa, mahasiswa, guru, dan dosen. Bantuan kuota belajar Kemendikbud nantinya bisa digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kuota belajar Kemendikbud diberikan pada nomor handphone murid dan pendidik dari semua operator komunikasi. Tentunya nomor handphone harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).

"Bantuan kuota data internet yang diberikan terdiri atas kuota umum dan kuota belajar Kemendikbud. Untuk kuota belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran," seperti yang dikutip dari laman Kemendikbud.

Saat ini ada beberapa operator komunikasi yang melayani kebutuhan masyarakat Indonesia termasuk untuk internet. Koneksi internet sangat penting untuk belajar online yang diterapkan selama pandemi COVID-19.

Berikut cara cek kuota belajar Kemendikbud untuk Telkomsel, Indosat, Tri, XL dan Axis

1. Telkomsel

Koneksi internet Telkomsel saat ini tersedia melalui produk Simpati, kartu AS, Loop, dan By.U. Guru dan murid yang telah menerima bantuan kuota belajar Kemendikbud akan menerima SMS dari Telkomsel. Bagi yang ingin mengecek kuota belajar Telkomsel bisa langsung menghubungi nomor *888# atau lewat aplikasi MyTelkomsel.

2. Indosat

Guru dan murid pengguna Indosat Ooredoo tentu tidak absen dari pemberian bantuan kuota belajar Kemendikbud. Pengecekan bantuan kuota belajar bisa melalui aplikasi myIM3 atau menghubungi nomor Unstructured Supplementary Service Data (USSD). Nomor USSD untuk kuota belajar Kemendikbud adalah *123*075# lalu pilih nomor satu.

3. Tri

Pengguna Tri yang nomornya terdaftar dalam Dapodik dan PD Dikti akan menerima bantuan kuota belajar Kemendikbud. Guru dan murid yang ingin mengecek sudah menerima bantuan atau belum bisa langsung menghubungi nomor USSD *123*10*3#. Pengecekan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Bima+ yang informasinya akan muncul di kolom kuota aplikasi dan edukasi.

4. Xl dan Axis

Pengguna Xl dan Axis tak perlu repot jika ingin mengetahui apakah sudah menerima bantuan kuota belajar Kemendikbud. Guru dan murid bisa langsung menghubungi nomor *123# lalu pilih info. Cara lain untuk mengeceknya adalah lewat aplikasi myXL dan AxisNet sesuai nomor operator komunikasi yang digunakan.

Kuota belajar Kemendikbud akan disalurkan mulai bulan September hingga Desember 2020 yang terbagi atas tiga gelombang. Dikutip dari laman Kemendikbud, penyaluran tiap gelombang memiliki dua tahap.

Berikut jadwal penyaluran kuota belajar Kemendikbud:

A. Kuota belajar Kemendikbud gelombang pertama

1. Tahap I pada tanggal 22-24 September 2020.
2. Tahap II pada tanggal 28-30 September 2020.

B. Kuota belajar Kemendikbud gelombang kedua

1. Tahap I pada tanggal 22-24 Oktober 2020.
2. Tahap II pada tanggal 28-30 Oktober 2020.

C. Kuota belajar Kemendikbud gelombang ketiga dan keempat

1. Tahap I pada tanggal 22-24 November 2020.
2. Tahap II pada tanggal 28-30 November 2020.



Simak Video "Akses Gratis Aplikasi-Website Bantuan Kuota Belajar dari Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)