PSBB Ketat, Bagaimana Layanan Pelanggan dari Operator Seluler?

PSBB Ketat, Bagaimana Layanan Pelanggan dari Operator Seluler?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 14 Sep 2020 17:57 WIB
Penerapan New Normal di Layanan Pelanggan XL Axiata: Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini (kanan) saat meninjau salah satu pusat layanan pelanggan XL Center di Jakarta Selata, Rabu (17/6). Memasuki masa new normal XL Axiata menerapkan tatacara baru di pusat layanan mulai dari penggunaan hand sanitizer, kewajiban penggunaan masker dan SMS untuk mendapatkan nomor antrian. Hal tersebut untuk mengurangi interaksi  langsung antara pelanggan dan petugas.
Foto: dok. XL Axiata
Jakarta -

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat dimulai hari ini, Senin (14/9/2020). Lalu, bagaimana dengan layanan pelanggan seperti gerai operator seluler selama PSBB berlangsung?

Terkait hal tersebut, operator seluler, yang dalam hal ini adalah Hutchison 3 Indonesia (Tri), Indosat Ooredoo, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata telah mengantisipasi, tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ditetapkan.

Hutchison 3 Indonesia

Tri menyebutkan untuk 3Store beroperasi seperti pada masa PSBB transisi, di mana saat ini bisa melayani pelanggan dari pukul 09.00 - 19.00 WIB.

Jika 3Store tersebut letaknya ada di dalam mal atau pusat perbelanjaan, maka gerai Tri ini akan mengikuti kebijakan operasional mal tersebut.

Ada pilihan lain, bila pelanggan tak ingin bertatap muka, yakni bisa memanfaatkan layanan 3Care melalui telepon atau saluran digital, misalnya media sosial di Facebook, Twitter, Telegram, email, maupun layanan telepon 3Care 132 dari kartu Tri atau ke nomor 089644000123 dari nomor/operator lain yang bisa diakses selama 24 jam dalam 7 hari.

Tri juga mengungkapkan kalau mereka memiliki asisten virtual bernama Triva yang tersedia di aplikasi bima+ yang bisa di download melalui Playstore dan App Store.


Indosat Ooredoo

Indosat memastikan gerai miliknya tetap beroperasi seperti biasanya, yang dalam hal ini mengedepankan protokol kesehatan dan peraturan pemerintah. Gerai Indosat yang berada di mal, akan mengikuti operasional di mal juga.

Indosat menyampaikan bahwa pihaknya masih melanjutkan Work From Home (WFH) sejak awal pandemi COVID-19 di Indonesia. Secara teknis, bagi fungsi yang critical, troubleshooting, dan building control yang perlu ke kantor tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat seperti dilengkapi dengan surat tugas, melakukan self assessment, dan keterangan surat sehat.


Smartfren

Smartfren pun demikian. Anak perusahaan Sinar Mas ini telah menyiagakan jika ada pelanggan yang membutuhkan bantuan. Di masa PSBB yang baru ini, call center Smartfren bisa dihubungi pelanggan selama 24 jam lewat 888 dari nomor Smartfren atau 021-50100000 dan 08811223344 dari nomor lain.

Sedangkan Galeri Smartfren tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai peraturan yang berlaku, seperti pengecekan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer, penerapan jaga jarak pada antrean, memasang sekat pembatas di counter pelayanan, dan mewajibkan memakai masker bagi pegawai maupun pengunjung.