Rabu, 11 Sep 2019 17:05 WIB

Tokoh Papua Singgung Palapa Ring, Menkominfo: Tinggal Diresmikan

Andhika Prasetia - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Syahdan Alamsyah/detikINET Foto: Syahdan Alamsyah/detikINET
Jakarta - Tokoh Papua, Abisai Rollo, meminta pemerintah mempercepat penyelesaian proyek Palapa Ring Timur di Papua. Menkominfo Rudiantara mengatakan, proyek tersebut tinggal diresmikan Presiden Joko Widodo.

"Sudah, sudah, kemarin sudah bicara sama Pak Jokowi. Jadi Palapa Ring konstruksinya sudah selesai, tinggal diresmikan," ujar Rudiantara di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Proyek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya.


"Waktu tanggal 31 Agustus kemarin kan dipakai video conference, kami dari Nunukan, terus sama Gubernur Kalimantan Utara bersama Bupati Nunukan sama Bupati Asmat. Itu sudah pakai Palapa Ring. Jadi konstruksinya sudah selesai," kata Rudiantara.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa proyek Palapa Ring Timur yang akan berdampak terhadap kecepatan internet di Papua akan selesai pada 2019. Jokowi memastikan jaribgan 4G dapat dinikmati masyarakat Papua dan Papua Barat.

"Mengenai Palapa Ring akan selesai tahun ini. Tanah Papua 4G semua," kata Jokowi saat menerima tokoh Papua di Istana Negara, Selasa (10/9).

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com