9 Ancaman Keamanan Data di HP dan Cara Mengatasinya (Bagian 1)

9 Ancaman Keamanan Data di HP dan Cara Mengatasinya (Bagian 1)

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 30 Agu 2021 20:25 WIB
Hacker Rusia Berhasil Membobol Jaringan Komunikasi Pemerintah Jerman
Ilustrasi ancaman serangan ke HP. Foto: DW (News)
Jakarta -

Ancaman keamanan data di HP, terlebih di era modern tahun 2021, harus selalu diwaspadai. Apakah kamu sudah memastikan HP kamu aman? Setidaknya cek dulu ancaman di bawah ini.

Ditambah, penggunaan HP bukan sekadar untuk bertukar pesan atau bertelepon. HP sudah dapat digunakan untuk mengakses sistem dari mana saja. Keamanan rumah, perbankan, pelacakan lokasi, semua terhubung di dalam satu genggaman -- smartphone.

Melansir Auth0, Senin (30/8/2021) waspadai 9 ancaman keamanan data di HP ini. Jangan sampai lalai!

1. Social engineering

Serangan social engineering terjadi ketika pelaku kejahatan mengirimkan email palsu (phishing) atau pesan singkat (smishing) kepada pengguna untuk menipu. Mereka ingin memperdayai oengguna untuk memberikan informasi privat seperti password atau bahkan mengunduh malware ke perangkat mereka.

Laporan dari perusahaan cybersecurity, Lookout dan Verizon menunjukkan ada 37% peningkatan serangan mobile phishing dan serangan ini yang menyebabkan kebocoran data besar secara global di tahun 2020.

Cara mengatasinya

Cara terbaik mencegah ancaman keamanan HP dari social engineering adalah edukasi kepada karyawan tentang email dan SMS yang tampak mencurigakan dan seharusnya dihindari. Mengurangi jumlah pengguna yang bisa mengakses data sensitif juga dapat dilakukan untuk melindungi perusahaan sehingga pelaku serangan kekurangan celah untuk menyerang sistem..


2. Kebocoran data dari aplikasi berbahaya

Hati-hati, sebuah studi menyebutkan sebanyak 85% aplikasi mobile kebanyakan tidak aman. Tom Tovar CEO of Appdome mengatakan bahwa hacker kini bisa dengan mudah memanfaatkan aplikasi mobile yang tidak terproteksi untuk mendesain serangan besar atau pencurian data,

Apa yang dimanfaatkan? Setiap aplikasi memiliki terms and conditions atau permission untuk menggunakan aplikasi. Sebutlah kamera, lokasi, pengelolaan data, dan lainnya. Apalagi beberapa orang juga tinggal menekan 'allow' tanpa membaca lebih detail.

Cara mengatasinya:

Cara terbaik mengatasi kebocoran data melalui aplikasi berbahaya atau tidak aman adalah dengan menggunakan mobile application management (MAM). Alat ini memungkinkan admin IT perusahaan untuk mengelola aplikasi perusahaan (menghapus atau mengontrol izin akses) di perangkat karyawan mereka tanpa mengganggu aplikasi maupun data pribadi karyawan.

Halaman selanjutnya: ancaman WiFi publik dan IoT...