WhatsApp Digoyang Bermacam Isu Keamanan

Dunia WhatsApp

WhatsApp Digoyang Bermacam Isu Keamanan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 31 Okt 2020 12:00 WIB
People are seen as silhouettes as they check mobile devices whilst standing against an illuminated wall bearing WhatsApp Incs logo in this arranged photograph in London, U.K., on Tuesday, Jan. 5, 2016. WhatsApp Inc. offers a cross-platform mobile messaging application that allows users to exchange messages. Photographer: Chris Ratcliffe/Bloomberg via Getty Images
WhatsApp Digoyang Bermacam Isu Keamanan (Foto: Chris Ratcliffe/Bloomberg)
Jakarta -

Tak bisa dipungkiri, WhatsApp adalah jejaring pengiriman pesan paling populer di dunia, dengan jumlah pengguna lebih dari dua miliar dan 100 miliar pesan yang dikirim tiap harinya.

Namun, semakin banyak jumlah pengguna, semakin banyak juga orang yang berusaha mencari celah keamanan di jejaring milik Facebook ini. Belum lagi tekanan dari pihak pemerintah sejumlah negara yang terus meminta akses backdoor ke WhatsApp.

Berikut adalah beberapa isu keamanan WhatsApp yang pernah terungkap:

1. WhatsApp ungkap enam celah keamanan

WhatsApp pernah mengungkap keberadaan enam celah keamanan, yang untungnya semua sudah ditambal.

Celah tersebut diketahui dari laporan yang ada di situs khusus keamanan yang disediakan oleh WhatsApp, dan ke depannya akan menjadi sumber informasi dari semua pembaruan keamanan dan Common Vulnerabilities and Exposure (CVE).

Lima dari enam keamanan yang diungkap ini langsung ditambal di hari yang sama sejak ditemukan. Sementara yang satunya baru bisa ditambal beberapa hari kemudian.

Meski begitu, tak menutup kemungkinan celah tersebut sebelumnya sudah pernah dieksploitasi oleh hacker. Namun WhatsApp mengaku tak menemukan adanya bukti kalau celah tersebut pernah dieksploitasi.

Sekitar sepertiga dari semua celah itu diketahui lewat Bug Bounty Program yang diadakan oleh WhatsApp. Sementara sisanya ditemukan dari pengecekan rutin dan juga oleh otomatisasi sistem mereka.

Pencarian dan perbaikan celah keamanan ini adalah hal yang sangat penting bagi WhatsApp, terutama karena mereka punya pengguna yang sangat banyak, sekitar dua miliar pengguna di seluruh dunia. Banyaknya pengguna itu membuat WhatsApp menjadi incaran hacker yang mencari celah.

Situs tempat mereka mempublikasikan pembaruan keamanan dan berbagai informasi lain itu adalah bagian dari usaha transparansi WhatsApp terhadap celah keamanan yang ada di jejaring milik Facebook tersebut.

WhatsApp, NSO, dan Pegasus di halaman selanjutnya