Asal Muasal WhatsApp yang Penuh Drama

Dunia WhatsApp

Asal Muasal WhatsApp yang Penuh Drama

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 31 Okt 2020 06:00 WIB
Jan Koum Brian Acton
Brian Acton dan Jan Koum. Foto: istimewa
Jakarta -

WhatsApp adalah ciptaan dua sahabat, Brian Acton dan Jan Koum. Mereka cukup susah payah dalam membesarkannya. Hingga keluar dari Facebook pun banyak drama yang tercipta.

Tak berlebihan jika mengatakan saat ini, WhatsApp adalah layanan messaging yang fenomenal. Lahir tahun 2009, laju WhatsApp sukar dihentikan hingga jumlah pemakainya milaran orang. Rasanya hampir semua pengguna smartphone saat ini menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Tapi, WhatsApp diciptakan penuh perjuangan.

Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Sabtu (31/10/2020) Koum yang saat ini berusia 44 tahun, lahir dan dibesarkan di sebuah desa di Ukraina, sebuah negara di Eropa Timur. Ayahnya seorang manajer konstruksi dan ibunya tidak bekerja alias ibu rumah tangga.

Tahun 1990 ketika Koum berusia 14 tahun, sang calon pendiri WhatsApp dan sang ibu berimigrasi ke Mountain View, Amerika Serikat. Langkah ini dipandang paling aman karena gejolak politik dan gerakan anti Yahudi makin besar di Ukraina. Ayahnya berencana menyusul, namun keburu meninggal dunia tahun 1997.

Di AS, Koum dan ibu hidup kekurangan. Ibunya bekerja sebagai pengasuh bayi dan Koum kadang menyapu toko untuk mendapat upah. Bahkan mereka hidup dengan makanan subsidi dan tinggal di apartemen yang juga dibiayai pemerintah. Cobaan kembali datang setelah ibu Koum didiagnosa kanker dan meninggal dunia di tahun 2000.

Meski bandel, Koum adalah bocah yang pintar. Saat baru berusia 18 tahun, dia sudah berinisiatif untuk belajar networking komputer secara otodidak. Tak hanya itu, dia juga bergabung dengan klub hacker berjuluk w00w00.

Setelah lulus SMA, Koum diterima di San Jose State University. Sambil kuliah, dia bekerja sambilan di beberapa tempat. Suatu hari tahun 1997, dia bertemu dengan Brian Acton yang kala itu pegawai Yahoo dan berteman akrab. Koum melamar ke Yahoo dan diterima sebagai teknisi infrastruktur. Inilah awal persahabatan yang akan melahirkan WhatsApp.

Halaman selanjutnya: lahirnya WhatsApp...