WhatsApp Kirim 100 Miliar Pesan Setiap Hari

WhatsApp Kirim 100 Miliar Pesan Setiap Hari

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 30 Okt 2020 14:43 WIB
LONDON, ENGLAND - AUGUST 03:  A persons finger is posed next to the Whatsapp app logo on an iPhone on August 3, 2016 in London, England.  (Photo by Carl Court/Getty Images)
WhatsApp Kirimkan 1 Miliar Pesan Setiap Hari (Foto: Carl Court/Getty Images)
Jakarta -

Popularitas WhatsApp semakin menggila. Layanan messaging milik Facebook tersebut sekarang digunakan untuk mengirimkan 100 miliar pesan dalam sehari.

Hall ini diungkapkan langsung oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg saat mengumumkan laporan pendapatannya di kuartal ketiga 2020. Head of WhatsApp Will Cathcart juga mengumumkan hal yang sama di Twitter.

"Tahun ini kita semua mengandalkan messaging lebih dari sebelumnya untuk berhubungan dengan orang yang kita cintai dan menyelesaikan bisnis," tulis Cathcart dalam cuitannya, seperti dikutip detikINET dari TechCrunch, Jumat (30/10/2020).

"Kami bangga bahwa @WhatsApp mampu mengirimkan sekitar 100 miliar pesan setiap hari dan kami sangat senang dengan apa yang akan datang di masa depan," sambungnya.

WhatsApp pertama kali mencatat pengiriman hingga 1 miliar pesan pada malam tahun baru menjelang tahun 2020. Tapi sekarang volume pesan tersebut dikirimkan setiap hari.

Dengan pencapaian ini, WhatsApp tidak memiliki pesaing yang bisa mengancam posisinya sebagai layanan messaging paling populer di Bumi. WeChat yang merupakan pesaing terdekatnya dengan lebih dari 1 miliar pengguna tidak memiliki volume pesan harian yang setara dengan WhatsApp.

Pada awal tahun 2014, mantan bos WhatsApp Jan Koum melaporkan aplikasi besutannya digunakan untuk mengirimkan 50 miliar pesan dalam sehari. Saat itu, WhatsApp memiliki kurang dari 500 juta pengguna aktif.

Sekarang WhatsApp digunakan oleh lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia, dengan India sebagai pasar terbesarnya dari jumlah pengguna. Dengan jumlah pengguna yang terus meningkat, Facebook pun terus memikirkan bagaimana cara mendapatkan cuan dari WhatsApp.

Sepertinya dalam waktu dekat WhatsApp akan menjadi sumber pendapatan baru untuk Facebook. Baru-baru ini mereka mengumumkan akan menghadirkan layanan berbayar untuk WhatsApp Business.

Sayangnya, ini satu-satunya update tentang WhatsApp yang diberikan Facebook dalam laporannya. Beberapa fitur yang dinanti seperti fitur pembayaran yang diuji coba di Brasil dan India belum memiliki informasi lebih lanjut.



Simak Video "WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Lagi: Hapus Chat dalam 7 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)