Sabtu, 23 Feb 2019 19:39 WIB

Celah di WhatsApp Bisa Bypass Biometrik iPhone

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Sebuah celah keamanan baru saja ditemukan di WhatsApp untuk iOS. Celah tersebut memungkinkan pengguna iPhone melakukan bypass Face ID dan Touch ID untuk mengakses percakapan.

Seperti diketahui belum lama ini WhatsApp untuk iOS menerima update terbaru yang membawa kemampuan mengunci aplikasi menggunakan fitur keamanan biometrik. Jadi pengguna harus memindai wajah dengan Face ID atau sidik jari lewat Touch ID untuk mengakses pesan.


Seorang anggota forum Reddit menemukan adanya celah pada kemampuan tersebut. Pengguna dapat melewati kunci dengan sangat mudah tanpa perlu melakukan pemindaian biometrik.

Cukup nevigasi ke iOS Share Sheet, lalu pilih WhatsApp. Saat pindah ke layar selanjutnya, tidak perlu melakukan verfikasi Face ID dan Touch ID. Lalu kembali ke layar utama, dan buka kembali WhatsApp, kita dapat masuk ke dalam pesan.

"Dalam beberapa kasus, kita diminta memverifikasi Face ID dan Touch ID, batalkan saja dan coba klik lagi ikon WhatsApp di iOS Share Sheet lagi,' kata pengguna Reddit seperti dilansir dari Softpedia, Sabtu (23/2/2019).

"Bug ini tidak terjadi jika opsi 'Immediately' telah diatur dalam pengaturan screen lock WhatsApp," tambahnya.


Pihak Facebook sendiri sudah menanggapi kasus ini. Dalam pernyataannya di Reuters mereka akan segera memperbaiki celah agar pengguna tidak mem-bypass login biometrik.

"Kami menyadari masalah ini dan perbaikan akan segera tersedia. Sementara itu, kami menyarankan agar orang mengatur opsi kunci layar ke 'Immediately atau Segera," ujar pihak Facebook.

Tidak ada detail yang diberikan tentang kapan pembaruan dapat dikirimkan. Semoga saja mereka segera menggelontorkannya dalam waktu dekat. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed