BERITA TERBARU
Rabu, 13 Des 2017 07:05 WIB

Ratusan Jenis Laptop HP Simpan Keylogger

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi (Foto: GettyImages) Ilustrasi (Foto: GettyImages)
Jakarta - Seorang peneliti keamanan menemukan keylogger tersimpan dalam software yang terdapat dalam lebih dari 460 jenis laptop Hewlett Packard (HP).

Nama peneliti keamanan itu adalah Michael Myng. Menurutnya, keylogger tersebut memang tak langsung aktif. Namun, tetap saja akan mengganggu privasi penggunanya ketika ada orang jahat yang mempunyai akses fisik ke laptop tersebut.

Myng sendiri menemukan masalah ini ketika sedang mencari pengaturan backlight keyboard di sebuah laptop HP. Keylogger ini disembunyikan dalam driver keyboard SynTP.sys yang dibukanya menggunakan IDA, demikian dikutip detikINET dari Tech Crunch, Rabu (13/12/2017).

Ada beberapa baris kode di dalam software driver tersebut yang terlihat seperti keylogger yang disembunyikan. Sebagai informasi, keylogger adalah program yang bisa merekam setiap ketikan yang dilakukan pada sebuah keyboard.

Untungnya, menurut Myng, pihak HP cepat merespon informasi darinya. Ketika Myng memberi tahu masalah ini ke HP, pabrikan itu langsung mengkonfirmasi masalah ini (yang sebenarnya adalah sebuah debug trace) dan merilis pembaruan software yang menghapus keylogger itu. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed