Seramnya Langit Merah di Berbagai Negara, Salah Satunya Indonesia

ADVERTISEMENT

Seramnya Langit Merah di Berbagai Negara, Salah Satunya Indonesia

Tim - detikInet
Senin, 25 Jul 2022 22:10 WIB
langit merah
Penampakan Langit Merah di Berbagai Negara, Salah Satunya Indonesia. Foto: Twitter
Jakarta -

Fenomena langit berwarna merah kerap terjadi akibat peristiwa alam. Meski beberapa wilayah di dunia pernah mengalaminya, tetap saja peristiwa langit berwarna merah akan menarik perhatian warga setempat, dan tak jarang membuat panik.

Penampakan langit berwarna merah kerap dihubung-hubungkan dengan akhir zaman atau kiamat. Padahal, peristiwa ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Berikut ini beberapa penampakan langit merah di berbagai negara yang sempat menghebohkan.

Kondisi udara itu disebabkan kabut asap yang semakin pekat di kawasan tersebut, dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi.Kondisi udara itu disebabkan kabut asap yang semakin pekat di kawasan tersebut, dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi. Foto: dok. Istimewa

Langit Merah di Jambi

Di tengah bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada September 2019, langit di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, terlihat memerah. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (sekarang BRIN), menjelaskan fenomena itu disebabkan tebalnya asap.

"Itu disebabkan karena tebalnya asap. Cahaya Matahari tidak bisa seluruhnya menembus asap. Dugaan saya, hanya gelombang panjang (kuning dan merah) yang bisa menembusnya, lalu dihamburkan oleh partikel-partikel asap. Jadilah langit terlihat berwarna merah kekuningan," kata Profesor Thomas Djamaluddin yang saat itu menjabat sebagai Kepala LAPAN.

Djamal mengatakan fenomena ini disebut juga Mie scattering atau hamburan Mie, yaitu hamburan cahaya oleh partikel yang ukurannya sama dengan panjang gelombang cahayanya.

Buat kalian yang bingung mengapa namanya hamburan Mie, ini diambil dari nama penemu teori yang menjelaskan teori hamburan cahaya tersebut, yaitu Gustav Adolf Feodor Wilhelm Ludwig Mie.

Langit Merah Akibat Kebakaran Hutan di Australia Seperti 'Dunia Akan Kiamat'Langit merah akibat kebakaran hutan di Australia seperti 'dunia akan kiamat'. Foto: ABC Australia

Langit Merah di Australia

Sama dengan yang dialami Indonesia, awal tahun 2020 Australia menghadapi bencana kebakaran hutan terdahsyat. Api melumat di negara bagian New South Wales, Victoria dan Western Australia.

Saking parahnya kebakaran hutan, langit Australia sampai berwarna merah darah yang begitu mengerikan. Saat malam hari, asap yang sangat pekat memantulkan warna merah dari api yang menyala membakar semak dan pepohonan.

langit merahLangit merah di China bersumber dari hamburan cahaya lampu kapal di pelabuhan. Foto: Twitter

Langit Merah di China

Mei tahun ini, langit di Provinsi Zhejiang, China menjadi merah menyala, seperti adegan kehancuran dalam film fiksi ilmiah. Biro meteorologi lokal Zhoushan, sebuah kota di Provinsi Zhejiang China Timur, mengumumkan pada Minggu (8/5) waktu setempat, bahwa langit merah menyala yang muncul di daerah ini, disebabkan oleh pembiasan dan hamburan cahaya.

Kemungkinan besar sumber hamburan cahaya ini berasal dari lampu kapal di pelabuhan. Staf Biro Meteorologi Zhoushan menjelaskan, cuaca berkabut dan berawan di Zhoushan pada Sabtu (7/5) dan gerimis pada saat langit merah mungkin disebabkan oleh pantulan cahaya dari awan tingkat rendah.

"Saat kondisi cuaca bagus, lebih banyak air di atmosfer membentuk aerosol yang membiaskan dan menyebarkan cahaya kapal penangkap ikan dan membuat langit merah terlihat oleh publik," kata staf biro meteorologi.

Selanjutnya: "Hujan Darah" di Inggris dan Cahaya Pink di Australia

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT