Fenomena Aneh Langit Jadi Hijau Pekat Gegerkan Warga

ADVERTISEMENT

Fenomena Aneh Langit Jadi Hijau Pekat Gegerkan Warga

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 08 Jul 2022 18:15 WIB
Langit Hijau
Fenomena langit hijau gegerkan warga. Foto: Daily Mail
South Dakota -

Para penduduk di kota Sioux Falls, South Dakota, Amerika Serikat, baru-baru ini merasa mereka tengah berada di salah satu adegan serial terkenal Stranger Things. Pasalnya, ada fenomena aneh di mana langit di area mereka berubah warnanya menjadi hijau dalam waktu cukup lama. Ya, langit hijau pekat.

Terlihat bagaimana langit dan awan menghampar kehijauan di sana, yang banyak dibagikan ke media sosial terutama di Twitter. Terlihat pemandangan langit menjadi sangat hijau sehingga seperti bukan di dunia nyata.

Lembaga peneliti cuaca di Amerika Serikat, National Weather Service (NSW), kemudian mengungkap bahwa penyebab langit menjadi hijau itu berkaitan dengan derecho, badai angin intens garis lurus yang tersebar luas.

Seperti dikutip detikINET dari Daily Mail, Jumat (8/7/2022), badai tornado memang sedang melanda wilayah itu. Pemandangan langit hijau ini membuat sebagian warga merasa seperti berada di film fiksi ilmiah.

Langit HijauFenomena langit hijau gegerkan warga. Foto: Daily Mail

"Sebenarnya relatif umum untuk melihat langit hijau ini, tapi langit di atas Sioux Falls pada 5 Juli itu memang terlihat lebih hijau dari biasanya," kata Isaac Longley selaku pakar cuaca dari AccuWeather.

"Fenomena itu tentunya menarik perhatian bagi banyak orang yang belum pernah melihat langit menjadi begitu hijau. Dalam kasus ini, langit warna hijau bertahan dalam waktu antara 10 sampai 20 menit seiring badai mendekati kota Sioux Falls," tambah dia.

Badai topan yang melanda kota itu berlangsung cukup hebat, di mana salah satu dampaknya adalah sekitar 26 ribu penduduk di kota itu kehilangan arus listrik yang tumbang karena terjangan badai cukup intens.

Saksikan juga Main Stage Kotak: Hantam - Beraksi (AccousticVersion)

[Gambas:Video 20detik]



(fyk/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT