Ada Apa 4 Juli 2022, Bumi LDR-an Sama Matahari

ADVERTISEMENT

Ada Apa 4 Juli 2022, Bumi LDR-an Sama Matahari

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 04 Jul 2022 15:04 WIB
Badan Antariksa Eropa Umumkan Misi Baru untuk Temukan Planet Mirip Bumi
4 Juli 2022, Bumi LDR-an sama Matahari. Foto: DW (News)
Jakarta -

Tepat pada hari ini, 4 Juli 2022, Bumi berada di titik terjauh dengan Matahari. Fenomena ini disebut dengan aphelion atau jarak terjauh antara Bumi dan Matahari.

Saat terjadinya aphelion ini, Bumi akan berjarak 152,1 juta km dari Matahari. Fenomena itu terjadi pada hari ini, Senin (4/7/2022).

Sedangkan momen perihelion atau jarak terdekat antara Bumi dan Matahari ini akan terjadi pada 4 Januari 2023. Saat itu, jaraknya bisa mencapai 147,1 juta km.

Fenomena Aphelion 2022, Ini 5 Hal yang Perlu DiketahuiFenomena Aphelion 2022. Foto: JPL/NASA

Terjadinya aphelion dan perihelion ini karena orbit Bumi terhadap Matahari tidaklah berbentuk lingkaran sempurna, yang mana lintasannya itu oval.

Hal itu yang mengakibatkan terjadinya bikin Planet Biru bisa berdekatan dengan Sang Surya ataupun bikin long distance relationship (LDR) antara kedua benda tersebut.

Adapun, bila tidak terjadi aphelion dan perihelion atau rata-rata jarak Bumi kepada Matahari pada normalnya ini itu 150 juta km.

Sebagai informasi, penyebutan fenomena ini berasal dari bahasa Yunani Kuno, di mana helios berarti "Matahari", apo berarti "jauh", dan peri berarti "dekat".

Aphelion selalu terjadi di awal Juli. Sekitar dua minggu setelah titik balik Matahari Juni (Solstis Juni), saat itu Bumi berada pada posisi terjauh dari Matahari.

Sedangkan perihelion selalu terjadi di awal Januari. Sekitar dua minggu setelah Solstis Desember, Bumi berada paling dekat dengan Matahari.

Bukan jarak dari Matahari yang menyebabkan musim di Bumi. Musim terjadi karena poros Bumi miring. Itu karena Bumi mengorbit Matahari dengan kemiringan sehingga planet kita mendapat lebih banyak atau lebih sedikit sinar matahari langsung pada waktu yang berbeda dalam setahun.



Simak Video "Ilmuwan: Bumi Berputar Lebih Cepat di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT