Apa Itu Senjata Biologis yang Diributkan Rusia-AS-Ukraina

ADVERTISEMENT

Apa Itu Senjata Biologis yang Diributkan Rusia-AS-Ukraina

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 15 Mar 2022 05:44 WIB
Virus Corona terbaru atau Sars-Cov-2 yang menjadi penyebab COVID-19 memang berbahaya. Tapi tampilannya di bawah mikroskop bisa sangat bertolak belakang.
Iustrasi virus. Foto: NIAID
Jakarta -

Saling tuding penggunaan senjata biologis sedang terjadi di antara Rusia, Amerika Serikat (AS) dan Ukraina. Apa itu senjata biologis?

Untuk diketahui, Rusia menuduh Ukraina memiliki program senjata biologis yang didanai oleh AS. Namun AS membantah klaim Rusia itu. Seorang pejabat AS mengatakan tuduhan itu adalah propaganda tidak masuk akal dan menuduh Rusia mencari dalih untuk berperang di Ukraina.

NATO, termasuk AS kemudian membalas tudingan Rusia terhadap Ukraina soal program senjata biologis dengan mengatakan Rusia mungkin saja menggunakan senjata kimia untuk melancarkan invasinya ke Ukraina.

Senjata Biologis

Mengutip laman WHO, senjata biologis adalah mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur, atau racun lain yang diproduksi dan dilepaskan dengan sengaja untuk menyebabkan penyakit dan kematian pada manusia, hewan, atau tumbuhan.

Agen biologis seperti antraks, toksin botulinum, dan wabah, dapat menimbulkan tantangan kesehatan masyarakat yang sulit yang menyebabkan sejumlah besar kematian dalam waktu singkat dan sulit dikendalikan. Serangan bioterorisme juga dapat mengakibatkan epidemi, misalnya jika virus Ebola atau Lassa digunakan sebagai agen biologis.

"Senjata biologis adalah bagian dari kelas senjata yang lebih besar yang disebut sebagai senjata pemusnah massal, yang juga mencakup senjata kimia, nuklir, dan radiologi. Penggunaan agen biologis adalah masalah serius, dan risiko penggunaan agen ini dalam serangan bioteroris semakin meningkat," tulis WHO.

Senjata biologis dapat digunakan untuk pembunuhan politik, infeksi ternak atau produk pertanian yang menyebabkan kekurangan pangan dan kerugian ekonomi, penciptaan bencana lingkungan, penyakit yang meluas, serta ketakutan dan ketidakpercayaan di antara masyarakat.

Selanjutnya: Apa Saja yang Bisa Dijadikan Senjata Biologis >>>

Simak Video 'Rusia Temukan 30 Lab Biologis Berbahaya Sokongan AS di Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT