Bill Gates Ungkap Ancaman Mengerikan Bagi Manusia di Masa Depan

Bill Gates Ungkap Ancaman Mengerikan Bagi Manusia di Masa Depan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 05 Nov 2021 05:40 WIB
PARIS, FRANCE - JUNE 27:  Bill Gates, the co-Founder of the Microsoft company and and co-Founder of the Bill and Melinda Gates Foundation, delivers a speech during a press conference at the Solidays festival, on June 27, 2014 in Paris, France. Bill Gates visited the 16th edition of the Solidays music festival, dedicated to the fight against AIDS.  (Photo by Thierry Chesnot/Getty Images)
Bill Gates Peringatkan Ancaman Senjata Biologis di Masa Depan. Foto: Getty Images/Thierry Chesnot
Jakarta -

Bill Gates memperingatkan ancaman mengerikan bagi manusia, yaitu senjata biologis -- menggunakan virus, bakteri atau patogen lainnya -- di masa mendatang. Ia menyebut pemerintah harus sigap menghadapi ini.

Pandemi dan serangan teror seperti cacar di masa depan bisa saja dilakukan dengan investasi yang makan miliaran dollar dalam penelitian dan pengembangan.

Selama wawancara duduk dengan Chair of Health Select Committee, Jeremy Hunt,untuk lembaga think tank Policy Exchange, Bill Gates menyarankan 'germs games' atau 'permainan kuman' dapat digunakan untuk melatih bagaimana menanggapi peristiwa semacam itu. Gates muncul di COP26 Climate Summit pada hari Selasa silam, di mana ia mengambil bagian dalam sesi tentang percepatan teknologi dan bertemu dengan Prince of Wales.

Dia juga menyerukan pembentukan satuan tugas yang mengurus pandemi kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dengan nilai miliaran dollar. Kemungkinan biaya yang digelontorkan mencapai USD 1 miliar per tahunnya.

"Jadi, oke, bagaimana jika seorang bioteroris membawa cacar ke 10 bandara? Anda tahu, bagaimana dunia akan menanggapinya? Ada epidemi yang disebabkan secara alami dan epidemi yang disebabkan oleh bioterorisme yang bahkan bisa jauh lebih buruk daripada apa yang kita alami hari ini," ujar Bill Gates melansir Sky News.

Namun, menurut Gates, kemajuan dalam ilmu kedokteran seharusnya bisa membantu manusia untuk selamat dan selangkah lebih maju. Ia mengatakan isu ini harus menjadi prioritas. Tahun depan adalah sarannya.

Mertua Nayel Nassar ini menambahkan bahwa negara-negara, seperti AS dan Inggris, harus menghabiskan puluhan miliar dollar untuk penelitian dan pengembangan (R&D) untuk mempersiapkan pandemi berikutnya.

Meski penelitian bisa dibilang mahal, itu bisa mengarah pada inovasi lain seperti pemberantasan flu dan common cold (pilek).

Menurut Gates, dengan banyak R&D yang perlu dilakukan, manusia bisa jauh lebih siap menghadapi pandemi berikutnya. R&D yang ia maksud adalah hal-hal seperti membuat vaksin murah, memiliki pabrik besar, menyingkirkan flu, dan membuat vaksin yang mudah.

"Bersama dengan iklim dan perjuangan berkelanjutan melawan penyakit untuk orang yang tidak mampu, kesiapsiagaan pandemi adalah sesuatu yang akan sering saya bicarakan. Juga, saya pikir itu akan menemukan tempat khusus karena, Anda tahu, kita kehilangan triliunan dolar dan jutaan nyawa dan warga berharap pemerintah mereka tidak membiarkan hal itu terjadi lagi," tandasnya.



Simak Video "d'Mentor: Antara Koin Lokal Vs Bitcoin Cs"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)